Blog Forwardan

Sebenarnya ini tulisan kegusaranku di halaman MP ku yang udah dipublish sebelum aku memiliki account di WP, isinya seperti ini :

Akhir2 ini aku sering menyaksikan kecenderungan para blogger untuk mengisi blog mereka dengan forwardan entah artikel dari millist maupun dari portal2 tertentu. Tidak ada yang salah dengan postingan2 tersebut dan itu sah2 saja. Namun kalau yang terjadi adalah postingan tersebut sudah kebablasan ini yang perlu dipertanyakan.

Apa sih yang aku maksud dengan kebablasan ini? Coba kita amati bersama, pernah ada kejadian dalam waktu berurutan muncul bukan satu atau dua postingan dari blogger yang sama, namun jumlah postingannya kadangkala aujubile dan ajaibnya semua postingan tersebut sumbernya sama dari sebuah portal yang sudah terkenal. Kenapa aku berpendapat bahwa postingan semacam ini sudah kebablasan? Ya buat apa sih posting banyak2 kalau di situ tidak ada nilai tambah tulisan dari sang blogger sendiri. Ini ibarat sang blogger tersebut hanya sekedar corong dari portal sumber berita tersebut, karena sama sekali tidak ada nilai tambahnya. Sebenarnya kalau sekedar informasi berita nggak perlu copy paste berita tersebut, cukup cantumkan link dari berita tersebut di blog, hemat waktu, hemat bandwith, hemat cost dan lebih worthed.

Aku bukan hendak offens terhadap para blogger tersebut namun, intinya kegiatan ngeblog adalah kegiatan menulis, maka tulislah hal-hal yang ingin anda tulis, tentang apa saja, sesuai dengan kemampuan menulis anda sekarang. Perkara bagus atau tidak, menarik atau tidak itu adalah urusan nomor ke sekian. Saya masih mentolerir posting suatu forwadan karena kadang2 isinya memang penting atau menarik untuk kita ketahui, namun kalau memposting sebanyak 10 postingan namun isinya hanya forwadan ini sudah kelewatan. Saya pribadi lebih menghargai hasil tulisan mereka pribadi apapun isi dan bentuknya daripada hanya nyampah forwardan di blog.

2 Tanggapan

  1. Lebih parah jika asal copy-paste artikel tanpa menyebutkan pengarang asli dan situs asalnya..

  2. Ya betul, tp dlm case ini masih dicantumkan link-nya. Cuma yg bikin saya bener2 jengkel sekali, posting bisa sampai 10 dan murni copy paste dan menuh2in inbox saya dan kadang suka bikin missed posting temen2 deket saya mas (ini kejadian di MP) saya anggap ini nyampah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: