Kangen Ambarawa

Ngomong-omong soal Ambarawa ada yang tahu nggak di mana letak kota ini? Yup Ambarawa adalah kota kecil yang terletak di Jawa Tengah, lebih tepatnya lagi terletak di jalur jalan raya antara Semarang dan Magelang. Kalau dari Semarang silakan ambil jurusan Jogja/Solo, begitu sampai Bawen jalur terpecah menjadi dua, lurus menuju Solo, ke kanan menuju Jogja. Dari Bawen kira2 1,5 km kita akan sampai di Ambarawa.

Jangan bayangkan kota ini kota yang hiruk pikuk, dan jangan harapkan pula kita akan menemukan mall di sana. Kota ini kota kecil, dan aktivitas paling rame cuma terjadi di sepanjang jalan raya yang menghubungkan Semarang – Jogja, terutama di Pasar yang teletak di pinggir jalan raya tersebut, yang dari pagi sampai sore selalu macet.

Saya sendiri kebetulan pernah tinggal cukup lama di Bawen tepatnya di perumahan Bawen Bukit Permai sewaktu bekerja di kawasan industri Bawen, Jadi tidak heran kalau saya cukup mengenal dengan baik kawasan ini. Selain udaranya masih sejuk, pemandangannya pun indah dikelilingi oleh gunung Merbabu, Telomoyo dan gunung Ungaran. Airnya pun bagus, tidak heran di beberapa kawasan industri ada pabrik pengemasan air minum.

Meski kota ini kota kecil, namun sesungguhnya kota ini menyimpan sejarah yang akan selalu dikenang oleh bangsa ini talkala masa clash pasukan Republik di bawah pimpinan Jenderal Sudirman memukul pasukan Belanda mundur ke arah Semarang. Peristiwa tersebut dikenal dengan nama Palagan Ambarawa (palagan artinya medan peperangan) .Museum palagan untuk mengenang kepahlawan pasukan republik bisa kita temui di sana.

Selain museum palagan, kita juga bisa menemui museum kereta api, dan konon museum kereta ini paling lengkap menyimpan koleksi kereta api jaman dahulu, bahkan sampai kereta3.jpgpernah Pemerintah Belanda atau Jerman kabarnya menginginkan salah satu kolesi kereta tersebut. Dan uniknya kereta api tersebut yang notabene masih digerakkan oleh tenaga uap masih terpelihara dengan baik dan bisa beroperasi. Kereta tersebut sekarang diperasikan sebagai kereta pariwisata yang menempuh rute Ambarawa – Bedono dengan jalur menanjak sehingga kereta ini dilengkapi dengan roda gigi. Jalur tersebut didominasi pemandangan sawah ladang dan kebun kopi dengan latar belakang gunung Merbabu yang tinggi menjulang serta gunung Telomoyo yang indah.

Masih inget video clip – nya Katon Bagaskara dalam lagunya negeri di awan? Di situ kita akan menemukan adegan dengan latar belakang kereta api jaman dulu dengan pemandangan sawah dan gunung. Yup adegan itu diambil di daerah Ambarawa.

Selain kereta api masih ada kereta diesel yang menempuh rute Ambarawa Tuntang, melewati pinggiran danau Rawapening. Selain menikmati pemandangan danau Rawapening dari kereta, kita bisa juga berperahu sambil memancing ikan dengan menyewa perahu dari nelayan setempat.Meski terlihat indah, namun kita menyimpan kekuatiran yang dalam akibat sedimentasi cukup parah yang diakibatkan oleh gulma tumbuhan air yaitu enceng gondok yang bikin gondok. Kalau sedimentasi ini terus dibiarkan, bukan tidak mungkin nantinya rawapening berubah menjadi daratan dan tinggal cerita saja.

Sementara itu kalau kita melewati jalan raya yang menuju Solo (sebelum Salatiga) mata kita pasti akan disuguhi pemandangan danau Rawapening di jalur yang menanjak. Kalau kita mengendarai kendaraan pribadi bisa berhenti meluangkan waktu sejenak untuk menikmati pemandangan tersebut, atau bisa juga kita masuk ke komplek wisata yang banyak ditemui di sepanjang jalan tersebut, salah satunya adalah Bukit Cinta. Entah kenapa dinamakan bukit cinta, mungkin karena letaknya berada di atas bukit dengan pemandangan danau menghampar di bawah yang indah sehingga menjadikan suasana romatis untuk memadu kasih, entahlah.

Ada lagi kalau kita mau sedikit wisata sambil berolah raga, candi Gedong Songo bisa dipilih sebagai tujuan. Candi Gedong Songo terletak di lereng gunung Ungaran. Dari Ambarawa kita akan melewati kawasan wisata Bandungan (seperti kawasan puncak) namun terus menanjak karena letaknya cukup tinggi. Mobil bisa mencapai lokasi ini. Di sini terdapat beberapa candi, namun letaknya satu sama lain saling berjauhan, sehingga kita harus berjalan kaki untuk mencapainya. Namun bagi yang tidak kuat berjalan kaki bisa menyewa kuda dengan tarif yang lumayan mahal menurut saya. Selain candi juga ada obyek wisata mata air panas yang setiap minggu atau hari-hari libur ramai dikunjungi wisatawan.

Bagi anda para penggemar tanaman hias dan tanaman bunga, Ambarawa terutama di daerah Bandungan merupakan surga belanja tanaman tersebut karena harganya cukup murah dengan aneka tanaman yang lengkap. Namun saya sendiri lebih suka membeli bunga mawar yang menurut saya murah sekali harga per kuntumnya bila kita bandingkan dengan membeli mawar di kota. Bahkan warnanya pun sangat beraneka ragam, dari merah, pink, putih ada semua, maklum di sini banyak sekali terdapat perkebunan mawar yang menyuplai mawar untuk kota-kota sekitarnya. Pokoknya kita akan puas sekali membeli mawar di sini baik untuk kita pajang di vas bunga maupun kita berikan kepada seseorang.

Selain itu masih banyak sebenarnya kawasan yang layak kita kunjungi, namun belum sempat saya bahas saat ini. Jadi tidak heran kalau saya menyimpan kerinduan yang dalam untuk selalu mengunjungi kota ini.

74 Tanggapan

  1. wah, jadi pingin ke sana

  2. belum pernah ya? ngga rugi kok, banyak tempat yang bisa dikunjungi dan semuanya menawarkan pesona masing2

  3. Sepetinya oke juga buat dikunjungi, mas ada foto yang lain nggak, paling enggak bisa buat referensi kita juga yang belum pernah ke sana

  4. Jangan lupa Gua Kerep untuk wisata rohani. Saya dulu sering ke sana karena kalau ke Sendang Sono terlalu jauh.

    Salam.

  5. Iya mas, saya malah sangat familiar banget sama tempat ini. saya juga punya foto2nya kok mas bisa dilihat di sini http://sulisyk.multiply.com/photos/album/19/Gua_Maria_Kerep

  6. wahhh jd kangen ma rumahh, pengen balekkkkkkk
    emg ambarawa kota yg ngangenin……

  7. Lho sampeyan asalnya dari sana ya?

  8. aku kangen ambarawa….. udah 2 tahun ga mudik ke kampung halaman…. hiks2….

  9. Lho Putri kampungnya di sana ya, sebelah mana ya rumahnya, wong saya ini suka ngubek2 ambarawa hehehe

  10. Jadi kangen banget sama ambarawa euy..aku gede disana trus sekarang di jerman, kangen sama dokar dan makanan di samping smp Pangudi luhur dulu…wiiih enak buanget dehhh. Ada yang punya situs mbahrowo gak ya….?

  11. situs khusus ambarawa blm nemu bro…liburan weekend kemarin rencana mau ke bukit cinta malah gagal

  12. kuangeeeeeen bgtz m ambarawa!!!!!!!pgen plng!!!dsni g ada muncul,gdong 9,serabi,pecel mbak ut…

    • Mbok Kami iseh Dodol yo,,Nek Mulih Sekolah,,mampir ,,wah Enak tenan,,,,Sampai Terbayang bayang karo Ketan kolak’e yo,,

  13. hehehe nyusul ya bos, rencana memang mau motret2 di tempat4 yg bos sebutkan, cuma masih kepending terus nih, mudah2an bulan ini terlaksana

  14. aduhhh jd tambah kangen nih mas sm kota ambarawa yang sejuk,mbahrowo pancen ngangeni.dl aku sering ke bandungan,di depan gor ada penjual sego pecel (enak bgt) apa lagi di daerah ngampin (ada kue serapi)trus di muncul (ada oseng keong dan belut)…pokoke enakkk tenan.di tambah naik prahu di rawa pening (romantis ya)oh ya ada lg tahu campur pak samino.mantappp…

  15. Weh mas teguh ini mesti pecinta berat ambarawa…tenang mas ini juga lagi disusun hunting foto ke muncul dan bukit cinta, pulang mampir ngampin menikmati serabi hehehe

    makanya lebaran banyak libur pulang mas

  16. Bagi warga Ambarawa yg ada diperantauan atau para pecinta kota kuno ambarawa..silahkan bergabung di milis : ambarawa@yahoogroups.com,dengan anggota yg sudah lumayan banyak…BRAVO AMBARAWA.

  17. huhuhu……..ambarawa.
    tempat terindah di hidupku.aku kangen ama ambarawa, kangen kota kecil yang indah, kangen SMP 2 ambarawa, kangen temen2 putri..

    sekarang aku di Solo, tapi akuw tetep Cuintaaaaaaaaaaaa bgttt ama ambarawa…

  18. Kampung halamanku tuh, tepatnya di Kranggan,,
    tapi sekarang kayanya hawanya agak panas ya di sana kalo siang, tp kalo malam dinginnya minta ampyun…

  19. mas di ambarawa sekarang ada mall, rumahku persih dibelakang mall Laris ato belakang gadean, mas belum nampilkan pemandian muncul yang airnya asli dari sumber mata air, and tempat pemancingan blater lokasi pemancingan yang indah di kaki bukit ungaran serta belum lagi tempat rekreasi di sidomukti mas punyanya pak siswono yudohusodo ada kolom renangnya, ada flying fox dan lain-lain indah banget mas aku pun ingin kembali ke sana namun pekerjaan di Surabaya sungguh padat……Bravo MBAHROWO

  20. kangeeen……..
    ambarawaku…, kota kecil but I am happy live in there
    rumahku tu di Losari tepatnya deket ma lapangan Pangsar, kalo dulu sich nyebutnya lapangan turranggo….
    tu kota meski kecil tap slalu bikin kangen.
    padahal kalo ak balik meski korban dulu duduk di bis 12 jam, coz ak sekarang di pandeglang……
    tapi tetep aja ak happy kalo mo pulang……..
    kalo balik tu ak suka jalan2 ke bandungan liat bunga n makan pecel di depan GOR…
    Asiiik dech…….
    hopefully bentar lagi ak bisa balik Ambarawa…..
    Pokoknya luv…luv…luv…Ambarawa
    kemana aja tetep baliknya ke Ambarawa….
    Yo mesti yo wong kuwi kampungku

  21. yuuuk…bikin komunitas wong mbahrowo ben iso crito2 soal mbahrowo ….
    dadi ben ra kangen muleh trus

  22. setuju sederek -2 mbahrowo pancen ngangeni terutama sotone pak jan,combinasine mbok kami,tahu campure pak samino wis pokoke kuliner thok

  23. tambah maneh … pecel depan kawedanan mak nyusss… cuman makannya sambil nongkrong klo yg mo santai didepan GOR sambil liat pemandangan slembu lan pasekan…
    untuk masalah kemacetan mudah2an segera teratasi dengan dibangunnya jalan lingkar… rutenya bawen tembus ngampin…
    denger2 pembebasan lahannya juga udah rebes….

  24. walaupun aku sdh g dimbahrowo lg,tp g iso lali kr mbahrowoku………..
    sk bayi,tk,sd,smp,sma,kul..aku setia dimbahrowo
    tiada t4 paling mengesankan selain mbahrowo..
    insyaallah pensiun ngomah Mbahrowo.

  25. mhahrowo iseh ono syabanan ra yo……..?
    mlaku soko palagan tekan kali condong, jambu
    mampir tuku srabi neng ngampin seneng

  26. smua pada kangen ambarawa ya….muleh yuuk….
    mbahrowo pancen oye terutama buat wisata kuliner…..
    muleh soko mbahrowo mesti podho Nduut kabeh he he he

  27. @ all yang lagi pada kangen mbahrowo tapi ga bisa pulang cukup nikamti aza foto2 yang 2 minggu lalu saya buat, jadi masih fresh banget hehehe

    foto bisa dilihat di sini dan di sini

  28. desaku yang kucinta, pujaan hatiku, tempat ayah dan bunda, dan handai taulanku, tak mudah kulupakan, tak mudah bercerai, selalu kurindukan desaku yang permai……..kelingan gek isih cilik, aku manggon nang kene. dolananku golek welut, jangkrik, mancing iwak, mlinthengi peleme tangga, ngulukke layangan, udan-udanan……wis pokoke nasa kecilku bahagia tenan nang kene

  29. kota idola dan desa idamanku pandean , tak kan terlupakan semasa hidupku walupun aku bertempat jauh dari ambarawa
    tapi nanti jika aku sudah pensiun aku akan menghabiskan masa tuaku di ambarawa membangun desa yang pada saat ini sudah berkurang drastis kerajinan pandai besinya
    mari kita bikin komonitas wong mbhrowo di jakarta

  30. ambarawa kuangeen…………buanget. dingin2 empuk, banyu biru terus ke bandungan. wah indah banget lho…………..

    salam gendeng

  31. Ambarawa……… Kota kecil yang begitu mengesankan buat ku, bau tanah lapangan Turangga ceta , suara tut…tut kereta api tua, canda tawa temanku…….andang……..uut……bambang……..riska……….ine…….etik……….susana….sobat tak terasa 20 tahun kenangan itu tlah berlalu.

    Peace I love Ambarawa

  32. Awww….ambarawa…i miss u hard…hik3x…, kangen banget pengin pulkam……, kangen ma rujak palagan, rawa pening, bukit cinta, gedong songo…., pasar projo he3x…., They’re amazxing……

  33. Desaku yang kucinta…., ak lahir & besar di ambarwa , kota kecil yang penuh memory. Ak growing up di sana ampe SMP , ak sekolah di SMP Mater Alma….,sekolah cukup ternama di Amb,…..masa kecil n masa remajaku ak habiskan di sana ampe umur 15 taon…, selebihnya ak tinngal i lain kota ampe sekarang…, but anyway…,ak kangeennn banget ma kota kecilku….!!
    Ambarawa, i miss u alway…., you’re unforgettable and always in my mind forever…

  34. ambarawa…kota masa kecilku ..mau dong ikut pecinta mbahrowo.

  35. ah,,Ambarawa,, Selalu membuat Anganku melambung ke masa lalu,,selamanya kau tetap di hatiku,,,selalu kurindu,,,hi temen2 Wong Mbahrowo,,Kita bikin Milis yo,,,

  36. Ambarawa, aku juga kangen nih…sudah lama nggak pulang….
    Mbak ayu, bukannya sudah ada milist Ambarawa@yahoogroup.com?
    kayaknya bisa gabung kok…

    salam buat wong2 Mbahrowo..

  37. Ambarawa tanah kelahiranku, ra bakalan aku lali karo sing jenege mbahrowo. aku sekolah neng SMP PL lulusan tahun 87, SMA Watungorok lulusan 90, wis ayo konco-konco sing neng perantauan ayo podo kumpul sopo ngerti iso tukar pikiran …………………. hidup ambarowo

  38. Gunung berkeliling dan bentangan RawaPening,
    Sawah betebaran, burung-burung berkicauan
    Ambarawa kotaku, penuh kenangan,
    tempo dulu untuk kancah peperangan.

    hai…semua alumni Ambarawa yg sekarang berada di perantauan, salam kenal semua…

    namaku Alexander, lulusan SD Pangudi Luhur th.1982,
    SMP Pangudi Luhur tg.1985, sekarang di Palembang
    email : atmaraga@yahoo.com

  39. wah betul itu mas saya orang asli brongkol,tepatnya 3 km dari ambarawa cyti,tambahan informasi bahwa di daerah brongkol juga penghasil pertanian yang terbaik,diantaranya buah DURIAN BRONGKOL PREDIKAT JUARA I NASIONAL,ditambah lagi penghasil kopi PREDIKAT JUARA 3 NASIONAL Buka web kopi kecamatan jambu ralat tadi disitu menyebutkan ambarawa tidak ada mall,sebenarnya ada namanya mall laris dan sekarang ambarawa sudah sangat hiruk pikuk seperti wajah saya.ha…

  40. Ambarawa adala kota dimana aku dilahirkan.da 2 tahun aku meninggalkan kota ini.jadi kangen

  41. asalamuallaikum…..
    aku ah njalen…..melu gabung ah…..

  42. Saya tergolong generasi “Kasepuhan” dari Ambarawa, sebab kelahiran 1950. Sejak 1974, saya menetap di Jakarta. Kota itu memang indah, bukan karena saya kelahiran di sana, melainkan karena memang indah. Salam saya.
    F. Rahardi

  43. Absen !!!!!!!!!!

    Cah Lodoyong

    SMP Mater Alma

    SMA Negri Watungorok angkatan 89

    UKSW, Angkt 91

    saiki lagi golek pangan ning Bogor ………

    Mbok Kami, Kerep, Pak Jan, Jaya Bhakti, nGGaruda…. karo Nggondoriyo tidak akan pernah lepas dari benak ku ……………….

    VIVA Mbahrowo……………!!!!

  44. Saya cah nJalen umur 78 tahun. Ingin tanya kepada anak-2 dan cucu-2ku yang menulis disini, tahukah kamu dimanakah letak makam Pahlawan Nasional dr. Tjiptomangunkusumo (yang namanya diabadikan untuk Rumah Sakit terbesar di Jakarta) dan benteng besar Willem Een (Willem 1) warisan benteng stelsel ex VOC di Ambarawa ?

  45. nuwun sewu mbah…menawi mboten klentu…pusaranipun Dr.Tjipto Mangunkusumo wonten Kupang, Ambarawa

  46. Pinter ngger Alexander S, tepatnya di Kupang Lor. Sedangkan beteng Willem I akan anda lihat kalau pergi ke desa Bejalen baik lewat Bugisan atau Pojok Sari terdapat bekas beteng besar sayang tidak terawat. Ambarawa jaman Belanda dikenal dengan nama Willem I dan stasiun keretaapinyapun dinamai stasiun Willem I. Maksud tulisan Yangkung, mengajak generasi muda mengenal Ambarawa tidak hanya dari segi koliner dan keindahan alamnya saja, tetapi tidak kalah pentingnya nilai-nilai sejarah yang tergores di Ambarwa dan sekitarnya. Ayo kita cari nilai-nilai positif Ambarawa yang lain.

    • satu satunya kota dimana dipalagan ambarawa TNI pernah mengusir tentara sekutu yang mana sekutu adalah pemenang perang dunia 2

  47. Wah klentu mbah makame Dr Cipto sanes wonten kupang lor, mawi mboten klenthu wonten kupang tengah mburine tokone pak kaji danuri, ngarepe omahe pak badrun guru ngaji. soale aku cah kupang sewan mburi toko mas gajah dunia. Alumni PL 79. Wah jan senenjonge pak jan karo sego godoge sugiyan, dadi pengen mulih mbahrowo.

  48. Ralat nyuwuwn sewu mbah sanes Kupang Tengah tapi Kupang Tegal🙂

  49. Aslm, perkenalkan aku widhi. Btw aku tinggal di Sumowono, tak jauh lah dari ambarawa. Kangen desa, pengen pergi ke puncak gunung ungaran, spt nya asyik bgt. Wah nh msh bnyk kesibukan di yogya….

  50. aku kangen jenang cikru njalen…rasane isih kelingan….krennyes2 legi………………………….banyak cerita waktu kecil…..sekolah SD kelas 2 di lodoyong 2…nggamblok…….rumah di Kupang Tnjgsari……………tiap pagi jam 6 sampai 6.30…kira 2 wong ga punya jaam…pokoke kalau matahari baru muncul semburat merah jam 6 luwih…. mlaku lewat sawah…pemandangan…di Selatan. tampak .Telomoyo dan Merbabu Sinar Mentari Pagi menyinari aku si Budi yg kecil hitam keriting…akrab dgn matahari pagi…nun dibawah sana wow Danau Rawa Pening Nan Indah disinari sang Surya….. pak tani. bebek bebek..sesekali Ular sawah melintas akrab ,,,,,,,oh iya…keranjang/tenggok isi onde2 dn bakpao..yg diambil dari pabrike mbok sumirah kupang kidul…itu tugaas rutine saya dari ibunda tercinta Almarhum bu Marjohan istri pensiunan 440/408….jupuken lan gowonen mengko titipke nang lik prieh yang jualan tempe gembus dekat sekolah….nanti ibu yg ambil untuk dijual di kantin asrama…..TNI wah wah……suatu kali karena aku sudah terlambat dan..mau ulangan……keranjang tumpah karena tersandung batu….onde2 dan bakpao campur tanah…buru2 diresiki………………waktu sore ibu pulang ke rumah…..atiku sudah deg degan…dimarahi…ternyata yg keluar dari mulut ibu….hanya konformasi…tadi kuenya jatuh ya?…dengan lembut dia berkata…nek mlaku ati2….KALAU INGET KISAH ITU AKU MASIH mbrebes mili…..hu hu hu! tapi Ambarawa adalah Ambarawa………………..semangat jiwaku ada disana…sesekali liburan aku kenalkan dan tuturkan pada anak2ku….ini lho kota kelahiran ayahmu nan Indah……………..ngomongong2 Ayah pernah menjadi pemain INTI Team Sepakbola kota ini lho!!!! PSPA
    Salam buat para Ambarawawan/wati

  51. meski w blon pernah ke AMBARAWA tp w pengen tinggal n nyari rumah diambarawa,, yach moga bisa terwujud,,

  52. Aku wong Semarang , tapi waktu kecil tiap liburan pasti kerumahnya mbah di desa Bon Bawang ( kalau gak keliru ?) di depannya ada bukit Cinta dibelakang ada rawa pening di kanan ada pusdik polri Banyubiru dan dikiri pemandian Muncul. Kemudian waktu remaja sering ngapel cewek di …. (Ambarawa) jadi kota ini familiar dan berkesan sekali ….. sekarang jauuh sekali mau napak tilas.

  53. memang ambarawa sebenarnya menyimpan banyak potensi sebagai daerah pariwisata, namun sayangnya pemerintah kurang sigap atas hal tersebut. Kebetulan kemarin saya baru dari ambarawa, sebagai tempat survei studio untuk tugas kuliah. Banyak wisata-wisata yang belum beropersi secara penuh karena masih dalam pemugaran. semoga nanti kita semua bisa menikmati berbagai wisata yang ada di ambarawa

  54. Ambarawa, 15 tahun jadi bagian hidupku, 1988 – 2003, susah, senang, aku lewati hari2ku di toko matahari ambarawa……piye yo kabare saiki……????

  55. Saya juga anak ambarawa, sebenernya lagi nyari temen2 sd, trus nemu tulisan ini, ada anak sdn lodoyong 1 lulus tahun 2002 gak? Kalo ada pm fb ku ya “dikka putri kistia” kalo g dm twitter @dikkakistia…
    Oiya kalo aku paling kangen sama gandos bunder yg deket pertelon laris lama, sama sego koyor ngaisah…

  56. Ambarawa is the best

  57. mimpi pengen beli rumah disana, buat masa tua….

  58. Aku lahir dan besar d ambarawa alumni mater alma ambarawa sayang sekarang dah jarang pulang..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: