Genderang Perang Tarif Antar Operator GSM

Dengan peluncuran tarif terbaru operator GSM IM3, maka lengkap sudah hingar bingar genderang perang tarif itu. Saat ini seluruh operator selular di Indonesia sedang berlomba-lomba menawarkan tarif bicara yang mereka klaim paling murah. Ada yang menawarkan Rp. 0,5/detik, ada juga yang Rp. 1/menit, malah ada yang merasa perlu mengeluarkan tarif gratis di satu menit pertama.

Selain perang tarif mereka juga perang layanan dan juga perang iklan. Lihat saja billboard2 raksasa yang terdapat di sejumlah ruas jalan utama ibukota. Misalnya salah satu operator GSM mengeluarkan iklan yang tentu saja mengandung sindiran terhadap operator lain, kemudian iklan ini segera ditanggapi oleh pihak operator GSM lain yang merasa tersindir dengan nada yang cukup reaktif. Pokoknya heboh banget, sampai2 para pelanggan sendiri dibuat bingung mana sebenarnya yang paling murah dan menguntungkan.

Sebenarnya dengan adanya perang tarif ini pelanggan akan diuntungkan, setidaknya tarif bicara yang semula terasa masih sangat mahal sekarang mulai turun khususnya untuk operator telepon selular berbasis GSM. Namun sebenarnya tarif murah ini sudah selayaknya dinikmati oleh para pelanggan telepon selular di Indonesia, karena menurut perhitungan para ahli di bidang telekomunikasi tarif telepon selular di Indonesia terhitung masih mahal.

Sebenarnya iklan-iklan dari para operator GSM ini kalau tidak dicermati bisa menyesatkan karena semua tarif yang dikeluarkan oleh para operator GSM itu dikondisikan sedemikian rupa dengan perhitungan-perhitungan yang sedikit agak rumit. Untuk itulah masyarakat sebagai pengguna layanan operator telepon selular hendaknya bersikap bijaksana dengan bersikap cermat terhadap ketentuan2 yang dikeluarkan oleh operator yang bersangkutan.

Agar tidak bias dalam menilai tarif suatu operator GSM, berikut ini saya sampaikan dalam bentuk tarif ilustrasi percakapan 10 menit, 20 menit, 30 menit, 60 menit dan 90 menit baik sesama operator maupun antar operator, tetapi di sini saya hanya akan mengambil sampling 3 kartu operator GSM yaitu, Simpati PD, XL Bebas dan Indosat IM3 yang saya nilai saat ini tarifnya paling kompetitif, dengan ketentuan dan sarat yang dikeluarkan oleh operator yang bersangkutan.

1. SIMPATI PEDE

 

Jenis Panggilan

Lokal

Non lokal

simPATI – Telkomsel

25/detik

25/detik

simPATI – operator lain

25/detik

60/detik

simPATI – PSTN

15/detik

35/detik

Tarif Rp 0,5 PER DETIK berlaku setelah 1 menit bicara ke seluruh pelanggan Telkomsel se-Indonesia
Masa promosi tarif simPATI PeDe adalah sampai dengan tanggal 30 Maret 2008 ( Akhir Maret 2008 )

2. XL BEBAS

Tarif termurah yang berlaku di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah (kecuali Semarang), Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Lombok.

3. INDOSAT IM3

skema-all-opertor2.jpg

skema-sesama-isat2.jpg

SESAMA OPERATOR

 

 

 

 

OPERATOR

10 MENIT

20 MENIT

30 MENIT

60 MENIT

90 MENIT

SIMPATI

1,770.00

2,070.00

2,370.00

3,270.00

4,170.00

XL BEBAS

1,545.00

1,605.00

1,665.00

3,465.00

5,265.00

IM3

1,355.10

1,361.10

1,367.10

1,385.10

1,403.10

ANTAR OPERATOR

 

 

 

 

XL BEBAS

9,024.00

15,060.00

24,084.00

45,180.00

69,264.00

IM3

9,002.70

15,755.70

22,509.00

45,018.00

67,527.00

 

Catatan :

Untuk tarif bicara antar operator Simpati Pede, saya belum bisa menentukan. Kebetulan saya bukan pengguna kartu Simpati Pede, maka saya seluncuran di websitenya Telkomsel tapi tetap tidak jelas tarif Rp. 0,5/detik ini berlaku mulai menit ke berapa dan apakah itu juga berlaku selang seling seperti halnya XL maupun IM3. Mungkin ada yang bisa menambahkan?

Dari Ilustrasi di atas untuk pembicaraan sesama operator IM3 jauh mengungguli Simpati Pede maupun XL Bebas. Sedangkan untuk tarif bicara antar operator IM3 unggul tipis atas XL, namun sayang kita tidak bisa membandingkan dengan tarif Simpati Pede karena kurang jelasnya informasi yang kita dapatkan.

Setelah kita mengetahu hasil dari ilustrasi di atas, silakan sekarang dinilai tarif operator selular GSM manakah yang kira2 paling menguntungkan, itu semua terserah anda untuk menentukannya, meskipun kita tahu pelanggan tidak hanya mempertimbangkan tarif termurah untuk memilih operator GSM mana yang akan dipilih, tetapi juga berdasarkan luasnya jaringan dan kemudahan isi ulang.

Silakan kunjungi juga website masing2 operator GSM tersebut untuk lebih mengetahui lebih detil sarat dan ketentuan yang diberlakukan mereka.

12 Tanggapan

  1. Nah ketemu ini blog nya!!!

    Btw dengan adanya perang seperti ini mas, yang berbahaya adalah perusahaan seperti Content Provider. Jika tidak kreatif dalam membuat konten.. wah bisa-bisa tidak ada pelanggan. Sebagai contoh, sms premium minimal 500 rupiah, sementara ongkos bicara sudah sangat murah, demikian juga internet via selular.

  2. Iya betul juga apalagi sekarang ini SMS premium lg menjamur kayak panu aja huhehehehe, dan saya punya temen yang kerja di content provider ternyata keuntungannya luar biasa (dari yang berhasil dipengaruhi kalau ga mau dibilang ketepu kekek).

    Kalau ga nurunin tarif jangan mau sms2 yg kaya gituan deh (kompor mode on ) tp saya sendiri juga ga pernah smsan yg ky gt2. Tapi sampai kapan ya kira2 tarif murah itu akan terus berlangsung? yang saya tunggu adalah regulasi yg tidak hanya menguntungkan para operator saja tetapi juga berpihak pada pelanggan.

  3. Kartu Halo sayah mingsih teteup murah, Rp1500,-/ menit.

    Kalok buwat ngernet Rp350,-/ menit….
    🙄

  4. @ Mbel hahahahahahaha Murah ya Bos…..udah semneit segetooo masih bayar abunement walah……itu kartu memang kartu supermurah buat para juragan sekelas Bos Mbel huhahahahahaha😛

  5. Gimmick/setengah menipu….makanya mending pakai interkom aja ya? kan tinggal bentang kabel jemuran,mAs.

  6. Gw 8 taon pake simpati.tp per 1 apr 08. Good bye Simpati. I think u know what i mean.

  7. Simpati is a BIG LIAR.:@

  8. @ Aldemar Haloho, sayang ya setelah sekian lama begitu loyal memakai simpati akhirnya harus memutuskan untuk meninggalkannya dan dengan meninggalkan kesan buruk “big Liar”

    OK bang, silakan pakai produk yang paling bagus layanannya, juga kinerja jaringannya.

    Salam

  9. Makanya gunakan Pulsa Sehemat mungkin..hehehehe…:-)

  10. Banyak yang bilang cinta damai, tapi perang semakin ramai…

  11. Itu lagu yg dinyanyikan Gigi ya Bro😛

  12. Indosat murah tp ga da mutunya sama skali..! Free talk 5 jam stiap mengisi 25rb keatas tp klu buat telp susah nyambung. Jaringan Sibuk dan sibuk, itulah jwban yg kami terima

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: