MotoGP Jerez 2008

Pembalap tuan akhirnya menjuarai balapan Jerez kali ini. Pedrosa mendominasi balapan semenjak awal lomba sampai menyentuh garis finish. Valentino Rossi menduduki posisi 2 diikuti rekan satu tim nya Jorge Lorenso.

Balapan berlangsung dalam cuaca yang cerah sehingga motor bisa maksimal dipacu. Seperti dugaan saya kemarin, Ducati tidak berkutik di sirkuit ini, karena paket motor maupun ban Bridgestone yang dipakai sama sekali tidak cocok untuk type sirkuit yang pendek2 banyak tikungan.

Pada awal lap saja stoner sudah tersungkur di gravel sehingga dari posisi ke-3 terlempar dari 10 besar. Meskipun berusaha sekuat tenaga, namun Stoner sangat kesulitan memacu motornya, sehingga mendekati lap2 akhir kembali dia harus merasakan gravel lagi. Ini jelas menambah panjang dia tersungkur di sirkuit ini.

Meskipun Rossi menduduki posisi 2 namun keberhasilan ini tentu saja bukan karena ban baru yang dipakainya, ini karena faktor Rossi semata yang harus kita akui meski pamornya mulai memudar, namun kehebatannya masih sangat layak untuk diperhitungkan.

Meski Fiat Yamaha hanya menempatkan pembalapnya di posisi 2 dan 3 namun hasil ini tentu tidak buruk mengingat tim ini terbagi menjadi 2 paddock karena Rossi menggunakan ban Bridgestone dan Lorenso menggunakan Michellin. Kondisi ini sebenarnya kurang menguntungkan untuk tim, namun karena tim tetap menggunakan ban berbeda untuk 2 pembalapnya mau nggak mau resiko ini harus diambil. Jadi kalau Lorenso menduduki peringkat 3 jelas ini usaha maksimal dari Lorenso sendiri, terlepas dari pengaruh Rossi.

Inilah hasil akhir MotoGP Jerez:

1. Daniel Pedrosa Honda (M) 45:35.121
2. Valentino Rossi Yamaha (B) + 2.883
3. Jorge Lorenzo Yamaha (M) + 4.339
4. Nicky Hayden Honda (M) + 10.142
5. Loris Capirossi Suzuki (B) + 27.524
6. James Toseland Yamaha (M) + 27.808
7. John Hopkins Kawasaki (B) + 28.296
8. Andrea Dovizioso Honda (M) + 28.449
9. Shinya Nakano Honda (B) + 32.569
10. Chris Vermeulen Suzuki (B) + 35.091
11. Casey Stoner Ducati (B) + 42.223
12. Marco Melandri Ducati (B) + 44.498
13. Anthony West Kawasaki (B) + 45.807
14. Alex de Angelis Honda (B) + 45.871
15. Toni Elias Ducati (B) +1:09.558
16. Sylvain Guintoli Ducati (B) +1:14.442

Out of race :

* Colin Edwards Yamaha (M) lap 6
* Randy de Puniet Honda (M) 0

Next Race di Estoril Potugal sepertinya masih tidak akan berbeda jauh dengan Jerez, karena sirkuit ini hampir sama seperti Jerez. Tapi saya berharap balapan tetap akan berlangsung kompetitif supaya tidak membosankan.

7 Tanggapan

  1. yes, valentino rossi mulai bangkit.

  2. Dari beberapa pembalap terdepan, hanya Rossi yg pakai Bridgestone. Podium 2 yang diraihnya benar-benar merupakan “faktor Rossi.” Sedangkan semua pembalap Ducati+Bridgestone tercecer.

  3. Ya betul mas, posisi yang diraih Rossi bener-bener karena faktor Rossi sendiri, yang harus kita akui kehebatannya masih tetap harus diperhitungkan lawan2nya. Ducati dan pemakai ban Bridgestone bener2 kurang beruntung karena semua tercecer di belakang.

    Besok akan kita buktikan benarkah Ducati dan Bridgestone bisa memperbaiki di Estoril Portugal, dan mudah2an cuaca tetap cerah jadi balapan bisa maksimal

  4. tuh kan, aku bilang juga apa….coba liat komenku kemaren tentang hasil kualifikasi Jerez. Ducati bakal kelimpungnan kalo main di Jerez dan aku dah ramalkan kalo juaranya pasti pembalap tuan rumah.

  5. Pedrosa bener2 sempurna sama sekali ngga melakukan kesalahan sehingga dari awal tidak terkejar. Apapalgi dia tengah berseteru dengan Lorenso, jadi semacam ajang pembuktian diri siapa yang terbaik di anatara mereka berdua.

  6. asli deh,,,
    pedrosa bener2 gag ngelakuiin keslahan..
    dia pengen bener2 ngebuktiin sapa dy sbnernya..
    secara di jerez gitu….
    spain abiz

  7. Iya betool, Pedrosa kemarin perfect banget tanpa melakukan kesalahan sedikitpun sehingga ga terkejar lagi. Lagipula ini di depan publik sendiri dan ajang bukti diri siapa terbaik di sini, maklum dia lagi ga akur tuh sama Lorenso, dan Lorenso sempat mengungkapkan kekesalannya karena Pedrosa ga friendly lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: