MotoGP Estoril Portugal (Preview)

Drama Menegangkan

Sirkuit Estoril Portugal bakal menyuguhkan drama menegangkan dalam sirkus balap motor MotoGP 13 April mendatang. Sirkuit ini lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai namun masih terpisah beberapa bukit, tidak seperti Philip Island Australia yang berada persis di tepi pantai. Dengan letak seperti ini factor cuaca seringkali berubah tanpa bisa dipresidiksi, angin dan kelembaban juga sangat berpengaruh terhadap setting motor.

Sementara itu layout sirkuitnya sendiri termasuk yang memiliki tingkat kesulitan tinggi, Sirkuit Estorilmenyajikan kombinasi tikungan cepat, maupun chicane yg sulit, serta beberapa titik pengeraman keras serta satu track lurus yang lumayan panjang. Dibutuhkan bukan hanya motor bertenaga besar, namun juga motor yang lincah, jadi kombinasi mesin serta sasis yang bagus juga pembalap hebat pastinya yang akan menang dalam pertarungan ini.

Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4182m, tikungan ke kanan 9, tikungan ke kiri 4 dan lintasan lurus sepanjang 986m cukup untuk ajang pembuktian motor terkencang di track lurus, sementara lebar lintasan 14m. Jumlah tikungan yang lebih banyak ke kanan juga akan mengakibatkan masalah sendiri di mana kompon ban sebelah kanan akan lebih cepat habis dibandingkan sebelah kiri. Ini sangat disadari oleh para pembalap, namun saya tidak tahu apa BS maupun Michellin sudah mempunyai cara untuk mengatasi keadaan seperti ini, karena saya belum pernah membaca release berita tentang ini.

Tahun lalu Rossi menjuarai di sini, disusul Pedrosa dan Stoner. Untuk musim ini saya masih tetap menjagokan Rossi, dengan alasan Rossi memiliki kehebatan sebagai seorang pembalap yang tidak diragukan lagi, apalagi di sirkuit ini pembalap yang jago melakukan late braking akan meraih keuntungan. Namun dengan membaiknya prestasi Pedrosa serta motornya sendiri yang sekarang memakai katup pneumatic maka pertarungan ini tidak akan berlangsung dengan mudah, belum lagi Lorenso yang juga memiliki kans besar dengan kemampuannya melahap tikungan juga sangat baik.

Untuk Stoner dengan motor Ducatinya , kalau dia mampu beradaptasi dengan sirkuit ini peluang itu masih ada. Tahun lalu saja dia mampu finish ke-3, mestinya kali ini dia mampu memberikan perlawan, asal dia ga terlalu bernafsu seperti di Jerez kemarin yang mengakibatkan dia melintir ke gravel.

Tapi nama lain seperti Hayden, Capirex, Toseland, Edward, Hopkins, Vermuelen maupun Melandri saya harapkan mampu mengimbangi sehingga pertarungan berlangsung menarik dan tidak membosankan. Oke deh kita tunggu saja nanti 13 April mendatang.

Disarikan dari berbagai sumber

2 Tanggapan

  1. Kayaknya Daniel Pedrosa memiliki kans yang sangat tinggi untuk mengalahkan Rossi di sirkuit ini. Tapi kemampuan Jorge Lorenzo tidak boleh diremehkan. Jorge Lorenzo sangat bagus di sirkuit banyak tikungan. Boleh dikata balap di Estoril Portugal bakal sangat seru.

    (** Nggak sabar nunggu balapannya… **)

  2. Wah analisa Mas Dewo begitu ya, kalau faktor mesin yang jadi andalan semoga Rossi dan Lorenso bisa menutupi kelemahan mesin dengan late braking dan kehebatan mereka menaklukkan tikungan mas, jadi saya tetep pegang Rossi dan Lorenso hehehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: