Tarif Terbaru IM3

Ting tong, nada sms terdengar dari hengpon saya, agak males2 an saya buka, sedikit terbelalak mata saya namun antusias itu melempem lagi dengan sendirinya. Isinya begini

INDOSAT 02/04/08 14:23

Nelpon cuma Rp. 480 Sampe Puas Bangeetss ke IM3, Mentari, Matrix dan StarOne se Indonesia pukul 23.00-10.59.Tarif 60 dtk pertama Rp.8/dtk lalu 0,0000000..1/detik

Itu isi sms persis plek saya tuliskan apa adanya, bahkan angka 0,000nya pun saya tuliskan sebanyak yang ada di sms kekekeke…

Saya ngga terlalu antusias menanggapi sms ini, dan saya pun ngga terlalu peduli tarifnya makin turun, sebab sedari pengalaman saya, semenjak IM3 (terang2an aja saya sebutkan brandnya biar operatornya baca blog ini) menurunkan tarif, nelpon bener-bener jadi acak kadut. Bukan main susahnya telepon sesama IM3. Cuma pagi aja saya bisa telepon dengan agak mudah. Tapi jangan senang dulu, meskipun telepon pagi agak mudah bukan berarti saya bisa tenang melakukan percakapan sambail berhaha hihi, baru 7 menit mati, telepon lagi 7 menit mati lagi, cuaaaapeeeee dueeeeehh….. Dulu pertama kali sih 30 menit baru mati, kemudian turun jadi 20 sudah mati, lah ini kok makin mengenaskan tiap 7 menit langsung mati.

Tapi heran deh kalau dipake buat nelpon ke operator lain masih mudah dan ga mati hidup kayak telepon ke sesama IM3.

Dari sini aja sudah ketauan dengan kasat mata belang dan akal busuknya operator, kenapa telepon kok jadi susah. Oke kalau pihak operator beralasan traffic lagi tinggi sehingga keberhasilan melakukan panggilan jadi drop atawa susah telepon. Tapi sampai kapan ini akan dibiarkan terus terjadi???? mestinya pihak operator sudah menyadari kalau tarif diturunkan secara otomatis traffic dipastikan mengikuti deret hitung (baca naik drastis) dengan keadaan seperti itu tambah kek jumlah load per BTS sehingga kapasitas handle per bts bisa naik dan layanan bisa bagus, ngga susah melakukan panggilan.

Kebayang ngga coba suatu ketika kita perlu banget menghubungi sesorang karena suatu hal dan itu sangat penting dan ngga bisa ditunda, tapi sewaktu mencoba telepon, nyoba sampai setengah mati jam belum juga bisa nyambung. Pasti kesel, sebel, sedih, gondok, mengumpat ga karuan mungkin. APakah hal semacam ini terpikirkan oleh pihak operator??? saya ragukan itu.

Kedua, kenapa kalau telepon ke lain operator lebih mudah drpd telepon ke sesama operator??? Bukannya kalau telepon ke operator lain harus bayar biaya interkoneksi?? Sedangkan telepon sesama operator tidak perlu bayar interkoneksi sehingga secara teoritis lebih menguntungkan????? Ah itu kan teori, prakateknya mana ada operator yang ga mau untung banyak, kalau bisa banyak kenapa harus sedikit??? Intinya meskipun secara teoritis telepon sesama operator lebih menguntungkan baik buat operator maupun pengguna layanan, namun karena operator juga ga mau rugi2 amat maka percakapan dengan sengaja diputus setiap beberapa menit. Jadi otomatis kita sebagai pengguna harus melakukan panggilan ulang, dan tarif 60 detik pertamanya yang rada gede itu bisa diraup oleh si operator, sedangkan telepon ke operator lain walaupun harus bayar biaya interkoneksi tetapi pola penarifan yang berulang selang seling setiap 90 detik, jadi operator masih bisa meraih pendapatan yang lebih banyak drpd panggilan sesama operator, apalagi tanggal 1 April 2008 ini kalau ngga salah biaya interkoneksi antar operator sudah diturunkan lagi sesuai regulasi yang baru sehingga keuntungan operator juga lebih banyak dari sebelumnya getoooo kekekekeke…tapi maap yee ini murni analisa dari gundul kopong saya lho.

Wah kalau keadaan ini tetap terjadi saya sebagai pengguna IM3 merasa kuatir juga jangan2 karena alasan2 di atas saya bakalan susah juga dong telepon ke Mentari, Matrix maupun starOne….lha apa gunanya gembar gembor iklan tarif makin murah tapi telepon makin suseeee, ngga ada gunanya kan.

Kesimpulannya:

Saya sebagai pengguna kartu IM3 menantang Indosat selaku operator IM3 eh menghimbau ding hehehehe kalau mereka sanggup memperbaiki layanannya yaitu menurunkan tarif percakapan sehingga semua orang bisa mempergunakan jasa telepon untuk aneka keperluan dengan harga yang kompetitif, dan meningkatkan layanan supaya telepon baik ke sesama operator maupun operator lain tidak susah dan PUTUS NYAMBUNG PUTUS NYAMBUNG melulu, saya selaku pelanggan lawas IM3 dengan nomor awal yg masih sedikit akan acungi kancut jempol buat kinerja mereka dan akan semakin loyal mempergunakan jasa mereka.

Bagaimana Indosat? bisakah kau jawab himbauan dan suara kami selaku customer kastemermu yang loyal ini? saya tunggu ya

Update :

Saat saya tulis update ini 8 Maret 2008, tarif IM3 terakhir dan mulai berlaku kemarin tanggal 7 Maret 2008 (sudah beredar iklannya di tipi2 swasta) adalah Rp 240,- per jam. Kalau ada kekeliruan ini tolong diupdate ya.

18 Tanggapan

  1. Hem…
    Memang bisa juga sih karena jaringannya overload.
    Soalnya XL juga mengalami hal ini. Pernah seharian saya ngga bisa dihubungi saudara, padahal ponsel saya aktif terus. Baru besoknya saudara bisa hubungi dan komplen ke saya. Hehehe… Tapi sekarang sudah normal lagi.

    Mungkin demikian halnya dengan IM3 yang belum siap dengan lonjakan traffic. Saya sih yakin bakal akan perbaikan. Kalau ngga, yang jelas pelanggan bakal kabur.

    Salam.

  2. Tapi makin lama kok makin parah aja ya Mas Dewo, kalau pertama dulu 30 menit baru dut, lalu turun jadi tiap 20 menit dut, sekarang malah tiap 7 menit dut, ngeselin banget. Kalau teleponnya mudah sih masih mendingan.

    Masih mending CDMA biru si pelopor tarif murah, telepon ga susah, tarif juga murah. Memang masih suka kejadian call drop sih tp terbatas di jam sibuk siang hari, diluar itu tetep mak nyooossss. Jeleknya kita kudu sedia handsfree, kalau ga mau kuping kita kebakaran wakakakakaka

  3. Sama…. gw juga terima SMS dari M3….

    Dipikiran gw Langsung muncul tanda tanya yang banyak sekali ?????????????????????????????
    Apakan ini tarif yg kyk kemarin tiap setengah jam putus ???
    ada yg udah nyoba blum???

    skrng ini gw msh ngandalin XL Bebas karena putusnya tiap 1 jam cuma bayar 600 doank…. ngalahin ganti SIM card kalo tiap jam 11 malam…. heheheh……..

    gw jg pake CDMA biru, tp sekarang jg ngeselin cz jaringan di daerah gw lemah (cz dipingir kota) jd sering putus sama aja telp 2 menit ato 1 jam kan tetep bayar 1800…

    Saran gw beli HP lagi untuk ganti2 kartu mana yg lagi promo itu yang kita pilih jangan mau dikadalin ama operator… Udah Saatnya Pelanggan Untung

    Sep……

  4. @ widi, semalam jam 20.30 saya coba telepon (emang kegiatan rutin :P) udah nyoba 1 jam lebih ga berhasil juga :(( baru jam 11 malam berhasil melakukan panggilan. Coba kesel ga sih??

    Eh malam itu juga saya dapat sms dari temen saya pemakai XL Bebas, katanya XL lg maintenance jaringan, jangan2 XL juga mau ngrevisi tarifnya nandingi IM3 lagi katanya huehehehehe. Bisa jadi benar. saya juga lagi pikir2 ni buat beli kartu XL bebas kalau M3 terus seperti ini, ini bentuk komplen saya terhadap M3, kalau mau pelanggan tetap loyal ya tolong dong perbaiki kualitas layanan, kalau ga ngapain juga loyal.

  5. Kata orang-orang begitu juga Simpati; PUTUS NYAMBUNG.

    Aku punya keluhan dengan XPLOR.
    Aku baru jadi pelanggan Paket Internet Megadata 3 bulan ini.
    Pertama lancar-lancar aja, tapi 2 bulan belakangan kok koneksinya susah banget. Modem Terkoneksi tapi gak bisa browsing…

    Padahal kalo pake Mentari lancar dan lebih cepat dari Xplor. Cuma lebih mahal, yakni Rp. 1/kb sedang Xplor Rp. 0,4/kb.

    Gimana Pihak XPLOR? Aku tinggal di Kuala Tanjung Kab. Batu Bara – Sumatera Utara. Bisa berikan solusi?

    Maaf ya Mas (Gudeg Jogja), numpang ngeluh….!
    Terima Kasih.

  6. @batubaranews, Terima kasih, silakan ngeluh di sini moga2 para operator baca deh keluhan2 kayak gini .

    Kalau joke surabaya bilang gini, mbayar murah kok minta selamat hehehehehe, mungkin itu ngaruh sampek ke industri telco kali ya…., kalau quota base aja selambat itu apalagi kalau migrasi ke time base bisa2 kalah sama telkomnyet eh telkomnet instant yg dial up😛

    Salam

  7. lho,om,bkn’a trif bru na rp.240 smpe puas ya ?
    cz bru liat iklan’a,
    iaa ni,plz saia kesedot 2x,
    tp males lapor k cs .. ribet.
    *ike*

  8. saya pngn m3 dah ga da trobel n jarngnnya jg lncr cz ma ja dengan bhng klopun tlp mrh tp srng mati ma ja ki cma ngntngin oprtor kan mlh ky yg rugi bnyak,m3 jg lncrin tarif sms yang msh donk yaitu rp40/sms tp ga sah beli pket 200sms n bs di beli dengan psket sms biasa sehingga kt ds jg mnghmat pengeluaran n m3 jg bklan di pake trs ma smwa orang

  9. saya pngn m3 dah ga da trobel n jarngnnya jg lncr cz ma ja dengan bhng klopun tlp mrh tp srng mati ma ja kt cma ngntngin oprtor kan mlh kt yg rugi bnyak,m3 jg lncrin tarif sms yang mrh donk yaitu rp40/sms tp ga sah beli pket 200sms n bs di beli dengan psket sms biasa sehingga kt bs jg mnghmat pengeluaran n m3 jg bklan di pake trs ma smwa orang

  10. @ ike nu, ya benar update terbaru tarif IM3 telah berubah jadi Rp. 240, tetapi pada saat blog ini ditulis saya baru saja menerima sms pemberitahuan tarif Rp. 480, terima kasih atas informasinya.
    Salam

  11. @ galih, saya pun berharap yang sama karena saya pemakai IM3 dari awal operator ini jalan. Dengan semakin murahnya tarif dan ketersediaan jaringan maka pelanggan pasti juga akan semakin loya, sekarang mampukah pihak Indosat menjawab tantangan ini??

    Salam

  12. 40/zmz kl dbwt pketan tu kl dpikir2 tu hax bsnis operator sj,qt2 yg sbgai pel/mhsiswa kberatn cz uang saku ja msih minta ma Ortu.Kl indosat tetap mengadakan paketan 200 zmz,”boleh ja”tapi masa Aktifx yg dperpanjang jgn hax seminngu tapi 1bulan kan lebih baik.kan sekarang pengguna m3 lebih baxak psti tetep untung indosatx.

  13. @Tami, semoga suara2 pelanggan seperti Tami diperhatikan oleh pihak operator.

  14. nagh skrg ada tarif baru lagee..negh m3 maqin dashyat katanya dr pkul 01.00 – 06.00 cma Rp 40 tuh per telpon trud dri pkul 06.00-11.00 cm Rp 240 per telpon.
    Tarifnya segh murah tp boro2 mau nyoba aja ga masuq2 apalgi ke luar daerah.. eh ternyata im3 sekarg cuma bisa menghubungi dlam kota aja tuh dah 3 hari terakhir ini pas jam2 sibuq apalgi sabtu-mngu jangan harap lah bisa dpet tarif dengan janji murah itu apalgi nyambung ampe keluar kota..
    dagh ku coba berjam2 juga ampe batre mw abis juga ga kan pernah nymbung kayanya,,
    q jdi sebel amat negh ama im3, jadi benr selama ini im3 kartu GSM punya ABG ( Ahh.. Buannyaak Gangguan)
    tiap ku telpon
    – Telepon gagal
    – Taringan sibuk
    – Telepon gagal : tak tersedia
    – Nomor kosong
    – Telepon dialihkan dan tuuut..tuuut…tulalit
    itu tuh yg muncul pas q coba 3 hri kmren telepon..cuapeee duehhh..
    gmna klo qt lagi bner2 urgent negh…mw digunakan untuk kpntgan yg tidak bisa ditunda..
    jangan2 konsumen dagh pada lari pke GSM laen klo ga konsumen kudu pya byk kartu GSM tuh untuk menyiasatinya…

  15. Iya, di iklannya jg gt, tapi jam segitu saya malah lagi molor mas hehehehe males juga lama2 sekarang telp seperlunya aja udah ga euforia telpon berjam-jam

  16. m3 yang aneh,,masa cek cs-an abis 1500……………
    seandainy ane anakny bakrie c slow…

  17. No im3-ku sekarang malah gak ada jaringan
    piye to iki indosat

  18. wei ada yang bisa kasi solusi??
    saat ini gw pake xl. MAu nanay mending gw pake as ato im3…yaaa??? ceritanya gw mau ganti nomorrr…

Tinggalkan Balasan

