Lima situs Populer Terkena Banned

Pagi hari setelah nyampe kantor dan menghidupkan kompie, seperti biasa saya selalu membuka tiga halaman internet sekaligus, Yahoo mail, WordPress dan Multiply. Dari ketiga halaman itu hanya Multiply yang tidak mau terbuka.

Saya sedikit curiga terjadi sesuatu dengan situs ini. Kebetulan, seharian kemarin saya memang absent dari aktivitas ngenet, jadi hari ini saya bener2 blank ga tau apa yang terjadi. Berkali-kali saya coba refresh namun selalu gagal membuka halaman multiply. Akhirnya karena tersita kegiatan rutin saya melupakan sejenak ketidak beresan itu.

Siang sehabis makan siang, iseng saya coba buka Multiply lagi, ternyata bisa terbuka. Kemudian di situ saya temukan banyak sekali komplain dan tulisan2 yang memuat berita tentang pemblokiran situs termasuk Multiply. Lima situs yang terkena blokir adalah Youtube, MySpace, Metacafe, Rapidshare, Multiply, Liveleak dan Themoviefitna.com. Hanya saja saya tidak mengerti apa alasan pemerintah lewat ISP memblokir situs2 tersebut. Ada yang menyebutkan terkait dengan penayangan dan penyebaran informasi film Fitna. Tetapi saya sungguh tidak yakin bahwa pemblokiran ini hanya dilatar belakangi oleh penyiaran maupun penyebaran informasi tentang film Fitna yang sekarang sedang mendulang kontroversi itu. Saya justru yakin ada suatu konspirasi besar yang melebihi isu film Fitna itu sendiri (baca ada agenda politik yang sedang dilakukan pemerintah untuk menarik simpati rakyat).

Namun apapun konspirasi itu, tindakan pemblokiran ini sebuah tindakan yang ngawur, absurd dan sia-sia. Beberapa saat setelah terjadi pemblokiran telah muncul informasi cara-cara membuka situs yang diblokir tersebut, misalnya dengan webproxy. Sangat banyak link-link yang bisa dipakai untuk membuka situs yang diblokir tersebut. Kalau pengen tau ketik saja di google web based proxy maka dalam sekejab anda bisa menemukannya. Saya merasa senang bahwa ternyata pemblokiran ini masih bisa diatasi dan ini menunjukkan bahwa pihak pemerintah sebenarnya sangat gagap menanggapi perkembangan dunia internet, dan tindakan pemblokiran ini akhirnya sia-sia saja.

Saya punya saran untuk pemerintah, kenapa tidak memfokuskan perhatian serta pekerjaannya pada hal-hal yang jauh lebih penting, misalanya soal penanganan korupsi, perbaikan kesejahteraan rakyat dan pernaikan gizi masyarakat, penegakan hukum maupun bencana alam daripada sekedar mengurusi hal-hal kecil yang sebenarnya justru merugikan para pengguna internet dengan alasan-alasan yang sangat tidak masuk akal dan mengada-ada. Selalu saja menyikapi sebuah permasalahan dengan sikap panik, reaktif, parsial pada hal-hal yang seharusnya tidak ditempatkan pada hal-hal yang mendasar.

Prihatin banget deh……

5 Tanggapan

  1. Kesal, marah, sumpah serapa mau dilontarkan rasanya…Kebijakan pemerintah yg satu ini sungguh aneh…ngga banget lah membatasi kebebasan di dunia maya ini…untuk pornografi OK lah didukung, tapi Blog Multiply???apa salahnya…, Dulu menklim negara tetangga kita kebebasan persnya dibatasi…ternyata Negara kita lebih parah yah

  2. @ Pecinta Multiply, saya kebetulan juga pengguna MP dan saya juga ga habis ngerti sebenarnya apa sih maksudnya blokir Multiply, isinya kayaknya hal2 biasa aja, karang juga yang sensitif. Alasan yang dipake bener2 ga masuk akal. Tindakan ini bener2 absurd banget ya.

    Kalau mau sih rame2 bikin petisi, biar sura kita punya kekuatan.

    Salam.

  3. Hallo,
    Youtube masih bisa diakses via Google. Berikut adalah tips-nya:
    http://dewo.wordpress.com/2008/04/08/youtube-disensor-ada-cara-bukanya-kok/

    Sorry Mas Tyok, karena aku malah promosi. Hehehe…
    Thanks.

  4. Iya Mas Dewo saya juga udah baca postingan Mas Dewo. Hehehe lucu juga ya tindakan pemerintah ini, ngawur bin absurd alasannya juga ngada2 aja huh bikin gondok aja.

    Thks Mas Dewo atas share tipsnya.
    Salam

  5. yang DiBanned Itu Bukan Situsnya, Tapi Contentnya..Betul gak???🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: