MotoGP China 2008 Preview

Setelah break selama 2 minggu, MotoGP kali ini akan berlangsung di China tanggal 4 Mei 2008.

Kalau kita lihat layout sirkuit Shanghai ini sebenarnya didesign untuk balap F1, dimana lintasan lurus yang panjang sangat mendominasi. Setelah melintasi lintasan panjang 2 hairpin yang cukup sulit menghadang dan ini sangat kritikal sekali karena motor harus mengerem keras sebelum memasuki tikungan. Untung hairpin ini tidak berada tepat di ujung lintasan start karena dipastikan bakal mengundang potensi kecelakaan yang sangat besar. Selain hairpin masih ada chicane yang cukup sulit serta tikungan lebar dan cepat. Namun pada intinya sirkuit ini bakalan menyedot stamina para pembalap karena harus bekerja keras menaklukkan tikungan dengan pengereman keras dan memacu motor kembali di lintasan lurus dengan speed maksimal. Seperti kita tahu banyak pembalap MotoGP yang tidak menyukai sirkuit Shanghai ini, karena pada dasarnya sirkuit ini tidak didesign untuk balap motor.

Stoner nampaknya akan berusaha dengan keras untuk menemukan kembali performanya yang anjlok di dua seri sebelum. Melihat layout sirkuit Sanghai yang penuh track lurus panjang dan tikungan patah di beberapa bagian, nampaknya motor Ducati dan Bridgestone yang digunakan Stoner akan berpeluang lebih besar dibanding dengan rival-rivalnya. Seperti kita tahu, Stoner dengan Ducati begitu perkasa di track panjang dang a ada yang sanggup menandingi speed ducati. Namun Yamaha dan Honda tentu saja tidak akan menyerah begitu saja. Seperti kita tahu performa motor Yamaha sudah mununjukkan perbaikan yang signifikan, dan tenaga maupun top speed-nya juga sudah mulai bisa menyamai motor-motor lain, apalagi di situ masih bertengger Rossi “The Doctor” yang mau tidak mau tetep harus kita akui kehebatannya, serta Jorge Lorenzo “The New Rising Star” yang bisa melakukan hattrick podium di 3 gelaran MotoGP kemarin, walaupun ini tahun pertamanya ikut di kelas para Raja. Sementara itu Dani Pedrosa juga makin menunjukkan keperkasaannya dengan menyabet podium dan mempunyai nilai sama dengan Lorenzo. Tentu kali ini Stoner tidak akan semudah tahun lalu mempecundangi lawan-lawannya yang semakin kompetitif.

Meski ada sebagian kalangan menilai bahwa penampilan Lorenzo kali ini tidak akan secemerlang 3 balapan sebelumnya, namun saya menilai bahwa prediksi itu belum tentu benar. Saya hanya menilai berdasarkan grafik serta catatan prestasi Lorenzo di race-race sebelumnya bahwa dia mempunyai kemampuan yang hebat, Ingat Lorenzo dan Rossi terpisah paddock karena mereka menggunakan dua merk ban yang berbeda, jadi apa yang sudah diraih oleh Lorenzo bukan karena Rossi tetapi atas usahanya sendiri, meskipun Rossi tetap berperan juga dalam hal mesin.

Patut pula dicatat bahwa penampilan Hopkins dengan Suzuki juga menunjukkan grafik yang meningkat. Kita tentu sepakat bahwa semakin meningkatnya performa Suzuki serta Kawasaki tentu balapan akan semakin menarik karena balapan semakin kompetitif. Beda kalau salah satu team/merk terlalu mendominasi tentu balapan akan menjadi membosankan.

Apapun yang terjadi, kali ini saya tidak mau lagi ketinggalan gelaran MotoGP kali ini, meskipun saya sebenarnya tidak terlalu suka dengan balap MotoGp yang dilangsungkan di sirkuit yang sebenarnya didesign untuk balap F1. Tapi saya berharap balapan tidak didominasi oleh salah satu tim/merk karena kalau tidak, maka balapan akan berlangsung membosankan.

Gambar sirkuit diambil dr http://www.f1-fansite.com/circuits/circuits/shanghai.jpg

3 Tanggapan

  1. ========
    ========

    KALO MAU BIKIN BLOG, JANGAN LUPA MASUK SINI: http://www.leoxa.com/
    (Themenya Keren Abiss & Bisa Pake Adsense)

    ========
    ========
    rame yang udah berpindah daripada blog-blog lainnya ke blog Leoxa.com karena theme yang keren

  2. Lho? Mana tulisan tentang jalannya perlombaan?

  3. Waduh bos, ini pagi saya baru saja nyampe jkt dengan mata masih terkutuk-kutuk, eh terkantuk-kantuk, kemarin mau nulis tapi saya masih sok sibuk sana sini jadi ndak sempet nulis. Nanti saya review jalannya lomba sebagaimana Bos Dewo telah menyaksikannya hehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: