Rossi Juara MotoGP Le Mans 2008

Putaran MotoGP kali ini memasuki benua Eropa. Putaran kali ini berlangsung di sirkuit Le Mans Perancis. Sirkuit Le Mans sendiri lebih dikenal sebagai sirkuit ketahan 24 jam. Untuk balap MotoGP layout sirkuit Le Mans memadukan track lurus yang cukup panjang serta beberapa tikungan sulit dari chicane sampai tikungan berbentuk hairpin. Kalau melihat design sirkuit ini, maka faktor motor serta kemampuan pembalap sangat berperan penting untuk menaklukan sirkuit ini.

Namun sayang, kali ini, bagi yang tidak berlangganan TV kabel harus gigit jari, karena harus menyaksikan pertandingan di tayangan tunda, karena berbenturan dengan pertandingan Piala Thomas. Padahal Indonesia tidak bertanding karena dikalahkan Korea Selatan dalam partai semifinal kemarin. Sebenarnya sih empet banget rasanya harus nungguin pertandingan badminton sampai hampir jam 11 malam, tapi apa daya ga ada saluran TV kabel, mau gimana lagi, jadinya kurang greget deh nonton siaran tunda gini, maklum sebelum menyaksikan kita sudah tahu hasilnya terlebih dulu dan hati juga udah keburu sebel duluan kelamaan nunggu. Kasihan juga kan Neng Widya terpaksa harus siaran sampai dini hari😀 . Maksud saya mbok ya kalau ga ikut final mending ga usah ditayangin aja wekekekekeke.

Dari hasil kualifikasi kemarin Colin Edward yang selama ini selalu menjadi master pole seater, kembali menduduki posisi kedua setelah Pedrosa, meskipun dalam balapan sering kali memble, disusul Casey Stoner di tempat ketiga dan Valentino Rossi ke tempat dan Lorenzo yang dikualifikasi bebas mengalami kecelakaan masih bisa menduduki posisi kelima.

Balapan berlangsung sangat seru di bawah cuaca cerah yang sangat mendukung balapan, setelah sebelumnya di kelas 250cc berlangsung balapan dalam kondisi track basah bekas guyuran hujan. Balapan kelas 250cc sendiri awalnya berjalan sangat lambat dan membosankan karena kondisi tracknya sangat licin, sehingga pembalap sangat berhati-hati memacu motornya dan memilih membalap secara safe. Balapan baru berlangsung seru ketika kondisi track mulai mongering, namun Debon yang memimin di posisi pertama sudah meninggalakn jauh lawan2nya sekitar 10 detik, sehingga pertarungan serunya memeperebutkan posisi 2 dan 3.

Berita buruk buat Kubu Doni Tata, karena dia terjatuh dan cukup parah. Mudah2an tidak terjadi hal-hal yang serius menimpanya sehingga kita harapkan Doni bisa mengikuti utaran selanjutnya di Mugello Italia nanti.

Kelas ini akhirnya dimenangkan oleh oleh Alex Debon, diikuti Simonceli dan Pasini.

Saat balap kelas MotoGP, kondisi track sudah benar-benar kering, dan cuaca sangat cerah. Seperti biasa Rossi melakukan start dengan buruk, Hayden yang di belakang Lorenzo langsung melesat di depan Rossi, Stoner langsung memimpin di lap pertama diikuti Pedrosa dan Edward. Namun Rossi segera memperbaiki posisinya dan terus memburu posisi. Dua lap kemudian berhasil mendahului Edward dan Pedrosa yang sempat melebar karena berusaha over taking posisi Stoner.

Rossi terus menekan Stoner sekan-akan tidak ingin Stoner tenang memimpin di depan, meskipun Rossi sendiri juga mendapatkan tekanan dari Pedrosa. Akhirnya di lap ke 6 Rossi berhasil menganbil alih pimpinan lomba. Sementara Edward yang membalap untuk tim satelit Yamaha mampu mengimbangi ketiga pembalap di depan bahkan sempat mencatat fastest lap.

Lorenzo yang sempat tercecer di urutan 10 pun akhirnya berhasil memperbaiki posisinya, di lap 9 posisinya sudah berada di urutan ke 6 di belakang Vermuelen.

Kali ini Rossi yang motornya bekerja sangat baik sepertinya tidak mau kehilangan kesempatan, dia terus berusaha memperlebar jarak. Pertarungan terjadi di di row 2 antara Stoner, Pedrosa dan Edward berlangsung sangat ketat, ada suatu kesempatan di tikungan Pedrosa berhasil mengambil alih posisi Stoner. Di Belakang Vermuelen dan Lorenso terlihat semakin memperpendek jarak dengan kelompok ini. Di Lap 14 Lorenzo berhasil mendahului Vermuelen di tikungan.

Lap ke-15 white flag berkibar menandakan hujan kembali turun, namun para pembalap sepertinya mengacuhkan dan tidak terlihat tanda-tanda mereka akan masuk pit. Namun di pit terlihat kesibukan para crew menyiapkan motor dengan ban basah, karena hujan turun cukup deras.

Di lap 19 Lorenzo mengambil alih posisi Edward, sementara itu Melandri memasuki pit danmengganti motornya dengan ban basah. Di Lap 20 Stoner mengalami kerusakan mesin dan dengan tertatih-tatih memaksanya masuk ke pit untuk mengganti motor, tapi sayang saat keluar pit, posisinya melorot jauh di urutan 16. Lorenzo kembali menunjukkan keperkasaannya mengambil alih posisi Pedrosa. Lap 21 Gantian Edward mencuri posisi Pedrosa, jadilah 3 pembalap Yamaha berada di 3 urutan terdepan.

Akhirnya Rossi menduduki posisi pertama, disusul Jorge Lorenzo dan Colin Edward dan Predosa di tempat keempat. Dengan hasil ini Yamaha semakin mengukuhkan dominasinya untuk awal musim balap kali ini. Patut dicatat juga meskipun Lorenzo membalap dalam keadaan yang belum pulih dari cidera kecelakaan di babak kualifikasi kemarin, namun mental serta konsistensinya harus kita acungi jempol sehingga memperoleh hasil maksimal. Sementara Colin Edward yang merupakan pembalap tim satelit Yamaha, namun mampu membuktikan bahwa tim satelit bukan tim kacangan dan tetap patut diperhitungkan oleh tim lawan.

Hasil selengkapnya MotoGP Le Mans Perancis 18 Mei 2008 :

1 V. ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 44’30.799

2 J. LORENZO SPA Fiat Yamaha Team + 4.997

3 C. EDWARDS USA Tech 3 Yamaha + 6.805

4 D. PEDROSA SPA Repsol Honda Team + 10.157

5 C. VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP + 21.762

6 A. DOVIZIOSO ITA JiR Team Scot MotoGP + 22.395

7 L. CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP + 27.806

8 N. HAYDEN USA Repsol Honda Team + 27.995

9 R. DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP + 29.344

10 S. NAKANO JPN San Carlo Honda Gresini + 30.822

11 T. ELIAS SPA Alice Team + 35.154

12 A. DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini + 36.216

13 S. GUINTOLI FRA Alice Team + 52.038

14 A. WEST AUS Kawasaki Racing Team + 1’29.307

15 M. MELANDRI ITA Ducati Marlboro Team 1 Lap

16 C. STONER AUS Ducati Marlboro Team

Lap Not classified

J. HOPKINS USA Kawasaki Racing Team 12 Lap

J. TOSELAND GBR Tech 3 Yamaha 26 Lap

Dan klasemen pengumpulan poin sementara adalah :

1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 97

2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 94

3 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 94

4 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 56

5 Colin EDWARDS USA Tech 3 Yamaha 47

6 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 42

7 Nicky HAYDEN USA Repsol Honda Team 37

8 Andrea DOVIZIOSO ITA JiR Team Scot MotoGP 36

9 James TOSELAND GBR Tech 3 Yamaha 33

10 Shinya NAKANO JPN San Carlo Honda Gresini 28

11 John HOPKINS USA Kawasaki Racing Team 26

12 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 25

13 Marco MELANDRI ITA Ducati Marlboro Team 24

14 Toni ELIAS SPA Alice Team 20

15 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 18

16 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 11

17 Sylvain GUINTOLI FRA Alice Team 7

18 Anthony WEST AUS Kawasaki Racing Team 5

Gambar diambil di sini

13 Tanggapan

  1. Saya sih bela-belain nunggu siaran tundanya. Walau pun begitu akhirnya ketiduran juga. Habis nguantuk buanget.

    Viva Rossi.

  2. Saya, juga nungguin mas biarpun hati dongkol banget😀, meskipun hasilnya udah tahu duluan, tapi kalau ga nonton rasanya ga lengkap, jadi voodo nonton mas hahaha

  3. iya c, walaupun ditunda krn ada thomas cup, tapi tetep saya dibela-belain nungguin. soalnya saya belum tau hasilnya.hehe…
    lagian, thomas cup juga sekali ini. ya gak pa2 kan, ditunda gara2 acara ini…
    yah, . . .kok pedrosa gak naek podium y…
    btw, Ducati ternyata bisa bermasalah juga ya motornya…
    padahal posisi C. stoner dah lumayah tuh kemarin…
    eh y, kayaknya pas kemarin tu ada rantai yang lepas y?kok seingetq di shoot di tv da rantai yg lepas.punya sapa y?

  4. Rantai yang putus punya John Hopkis Kawasaki bro, sayang ya padahal lagi seru duel.. ya lagi apes aja dia

  5. sebel dech harus ditunda..kirain thomas Cup nya cuma ampe jam10..eeeeehh malah rampung jam11
    BT tau ga ciy…tapi pas kelas 250cc aku siy sempet ketiduran bentar…untung abis kelas 250cc aku bangun trus masih sempet liat starnya kelas MOTO GP
    ya walaupun siaran ulang tapi kan tetep rame bgt…apalagi The DoCtoR yang jadi pemenangnya…jadi ga sia-sia dech nungguin ampe malam…!!!!heee..

  6. Hehehehe wah fans berat The Doctor rupanya, tapi memang Rossi masi tetep hebat, apalagi sekarang top speed motor sudah semakin kompetitif, seru deh jadinya

  7. Meski Indovision Siyalan, sayah bisa nonton dengan khusyu…..
    😆

  8. Gitu ya bos Mbel…sebenarnya saya jugak bisa nongton khusyu bos kalau mau ke kantor, berhub saya malu ati jadi ya mendingan nungguin siaran statsion lokal sajah hehehehe

  9. Thomas cup tahe!!! jd kaga nonton dah gw! T T

  10. Wah Rugi mas ga nonton, meski cuma tayangan tunda tapi tetep asyik dinikmati, seru banget loh😀

  11. Salam kenal….. Wah,smpah dngkol bgt,g liat siarn lngsung motogp kmren!biar dah tau asilny tpi emang g lngkap ya klo g’ liat ndri… Y,dng mta brat nunggu delay nya g pa2,biar dwrhi bapak-ibu gra2 bsokny sekolah tpi te2p majuuu teruuuZzz…. Smpah deh mas aku sneng bgt lorenzo næk podium,ck..ck..ck yg cedera ja gtu, pa lgi klo g’ cedera?¿dah gtu yamaha kereeeen abiz spu podium.klo mas jagoin spa taon ni?

  12. Salam kenal diterima🙂
    Wah Mba Indah kacian ya mesti melek sampai dinihari buat lihat motoGP, sama deh kaya Neng Widya (host MtoGP) yang kayaknya juga rada gondok tuh mesti siaran sampe dinihari hehehe😀

  13. rosssyyy,,,
    i love you fuuuulll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: