MotoGP Mugello Italy 2008 (Preview)

Sirkuit MugelloSeri MotoGP tanggal 1 Juni 2008 kali ini akan berlangsung di Mugello Italia. Kalau kita lihat layout sirkuit yang memiliki 15 tikungan, 9 ke kanan dan 6 ke kiri ini, memadukan lintasan lurus yang cukup panjang dan chicane cepat serta 3 buah tikungan hairpin, satu cukup besar dan 2 tikungan hairpin sedang. Jadi kalau menurut saya ini termasuk sirkuit cepat karena motor bisa mengembangkan kecepatan secara maksimal.

Dengan kondisi ini diperlukan motor yang bener2 realible. Yamaha yang saat ini sudah memakai mesin dengan katup pneumatic bisa mengimbangi ducati yang mengunnakan mesin desmodromic. Tetapi kabarnya Honda akan menurunkan pembalap testernya yang mantan pembalap GP500 Tadayuki Okada dengan mesin katup pneumaticnya. Mungkin Honda tidak mau mengambil resiko pembalapnya menggunakan mesin ini sebelum motornya bener2 realible baik kecepatan maupun daya tahannya.

Tahun Lalu Rossi masih memegang mahkota juara. Lantas tahun ini prediksinya seperti apa? Rossi masih ingin menciptakan hattrick kemenangan, selain mengejar ambisi menyamai kemenangan Giacomo Agostini setelah di Le Mans kemarin sukses menyamai prestasi Angel Nieto. Apalagi sekarang motor dan ban yang dipakai sangat mendukung. Sementara Itu Stoner yang tidak pernah memperoleh kemenangan setelah Losail akan berusaha memperbaiki performanya apalagi ini kampung halaman motor Ducati dan sirkuitnya berkarakter cepat, pastilah pihak Ducati tidak mau kehilangan muka di sini. Bagi Pedrosa, ini merupakan kesempatan untuk membuktikan bahwa dia bukan pembalap spesialis nomor dua. Sebenarnya motor Pedrosa walaupun belum memakai katup pneumatic juga tidak terlalu ketinggalan dengan motor2 lainnya, jadi tinggal fighting spiritnya aja yang harus dibenahi. Masih ada The rising lorenzo star, yang kali ini menyatakan kondisinya sudah mulai pulih setelah menderita kecelakaan di sesi latihan Sanghai dan Le Mans.

Ibaratnya, Mugello ajang pembuktian bagi Yamaha, Honda dan Ducati. Berbeda dengan Honda dan Ducati yang hanya mengandalkan satu pembalapnya saja, Yamaha memiliki dua pembalap dan masih dilapis pembalap line up kedua seperti Edward dan Toseland. Saya sih berharap balapan akan berlangsung dalam cuaca yang cerah karena kalau hujan, semua prediksi bisa berantakan.

So, seperti apa balapan kali ini, mudah2an makin seru dan makin menarik, kita tunggu saja.

Update :
Hujan di sesi latihan bebas hari Jumat 30 Mei 2008 membuat pembalap sulit memacu motor mereka. The Rain Maker Christ Vermuelen mencatat waktu tercepat sesi ini. Tempat kedua diduduki oleh Loris Capirosi rekan satu tim Vermuelen.

Sinya Nakano mengalami kecelakaan hebat, namun tidak mengalami cidera yang serius, dan menyatakan akan tetap mengikuti sesi kualifikasi hari sabtu ini. Sementara itu Rossi menyatakan mengalami kesulitan dengan kondisi sirkuit yang basah dan berharap besok cuaca akan cerah sehingga bisa membalap dengan maksimal.

Gambar sirkuit diambil hereff di sini

9 Tanggapan

  1. Tetep Rossi favorit :)))

  2. Oh jadwalnya besok minggu ya bos, thks infonya

  3. gw prediksi bakalan jadi “Mogello the 7th” buat Rossi, setelah 6 musim berturut2 tanpa putus juara disini

  4. @okta, Rossi memang hebat, The living legend deh, tapi masih harus ngejar rekor Giacomo Agostini tuh

  5. @puspita, iya hari minggu, jangan ketinggalan ya, kayanya bakalan seru banget nih

  6. @pBro bastho, iya bener dia lagi mengincar 7 kali berturut-turt juara di mugello, tapi persaingannya cukup keras sekarang. mudah2an seru deh jalannya lomba


  7. AYO LAH KITA MERAMEKAN KOMUNITAS “Axxyc.com”

    (Komunitas Indo, ngak perlu register)

  8. kLo Mbah Vale ngak bakalan kalah di kandangnya sendiri, kLo sampe kalah bisa nganggu konsentrasinya di balapan berikutnya, Harga diri dipertaruhkan bro.
    liat highlightnya di http://motogp46.blogsome.com

  9. stoner menang lagi ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: