Valentino Rossi “The King Of Mugello”

Valentino Rossi benar-benar membuktikan bahwa dirinya seorang raja di Sirkuit Mugello Italia setelah dirinya menjuarai balapan Minggu 1 Juni 2008 untuk ke tujuh kalinya secara berturut-turut. Rosi memakai helm edisi khusus untuk Mugello bergambar wajahnya sedang melet.

Walaupun menempati pole positition setelah di sesi kualifikasi memecahkan rekor kualifikasi sirkuit Mugello dengan catatan waktu 1:48.130, seperti biasa pada saat start selalu tercecer terlebih dahulu. Rossi yang kali ini sedang mengejar ambisinya untuk melampaui rekor kemenangan Dohan yang memenangkan 6 kali berturut-turut berusaha untuk fokus di balapan kali ini dengan tidak membiarkan Stoner maupun Pedrosa untuk bertarung head to head dengan dirinya. Setelah menyalip Pedrosa dan Stoner, Rossi terus berusaha memperlebar jarak, sehingga prakatis dia sendirian di depan, membiarkan Stoner dan Pedrosa bertarung memperebutkan posisi kedua.

Dengan paket motor dan ban yang semperna, Rossi melakukan manuver-manuver tanpa kesalahan sedikitpun. Akhirnya Rossi finish di tempat pertama 2.5 detik di depan Stoner, diikuti Stoner dan Pedrosa. Dengan kemenangan Rossi ini, untuk pertama kalinya Bridgestone memperoleh kemenangan di Mugello yang sebelumnya selalu dimenangkan oleh Michellin. Hasil mengecewakan dialami oleh Lorenzo yang mengalami kecelakaan akibat kesalahannya sendiri. Pada saat mau mendahului Dovisioso, Lorenzo mengambil sisi terlalu dalam, dan ketika masuk tikungan agak mematah, dia kehilangan traksi dan terjungkal di gravel. Untunglah Edward dan Toseland mampu menutupi hasil buruk yang diperoleh Lorenzo dengan menempati posisi ke 5 dan ke 6.

Dengan hasil ini, Yamaha semakin mengukuhkan dominasinya di balapan musim ini. Sementara itu Ducati masih terseok-seok, meski Stoner finish di posisi 2, namun Melandri gagal finish setelah terlibat insiden kecelakaan, dan dua pembalap Ducati lainnya, Elias dan Guintoli finish di posisi buncit.

Hasil akhir Balapan di Mugello

1 V. ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 42’31.153
2 C. STONER AUS Ducati Marlboro Team + 2.201
3 D. PEDROSA SPA Repsol Honda Team + 4.867
4 A. DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini + 6.313
5 C. EDWARDS USA Tech 3 Yamaha + 12.530
6 J. TOSELAND GBR Tech 3 Yamaha + 13.806
7 L. CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP + 14.447
8 A. DOVIZIOSO ITA JiR Team Scot MotoGP + 15.319
9 S. NAKANO JPN San Carlo Honda Gresini + 15.327
10 C. VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP + 30.785
11 S. GUINTOLI FRA Alice Team + 39.621
12 T. ELIAS SPA Alice Team + 50.021
13 N. HAYDEN USA Repsol Honda Team + 50.440
14 T. OKADA JPN Repsol Honda Team + 58.849
15 A. WEST AUS Kawasaki Racing Team + 1’00.736
Tidak Finish
J. LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 17 Lap
J. HOPKINS USA Kawasaki Racing Team 17 Lap
R. DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 18 Lap
M. MELANDRI ITA Ducati Marlboro Team 18 Lap

Gambar di ambil dari official MotoGP

Santai sejenak yuuukk…

Bu Guru bertanya kepada murid-muridnya, “Siapa yang bisa berhitung?”

Si Noel mengangkat tangan.

“Benar kamu bisa berhitung?”

“Bisa Bu. Ayah yang mengajari.”

“Baik, coba kita lihat. Setelah tiga, berapa?”

“Empat.”

“Bagus. Setelah enam?”

“Tujuh.”

“Setelah sembilan?”

“Sepuluh…”, jawab si Noel.

“Bagus sekali. Rupanya ayahmu benar-benar tahu bagaimana mengajar berhitung. Lalu setelah sepuluh?” tanya Bu Guru lagi.

Dengan senyum penuh keyakinan, si Noel menjawab, “Jack, Queen, dan King.”

MotoGP Mugello Italy 2008 (Preview)

Sirkuit MugelloSeri MotoGP tanggal 1 Juni 2008 kali ini akan berlangsung di Mugello Italia. Kalau kita lihat layout sirkuit yang memiliki 15 tikungan, 9 ke kanan dan 6 ke kiri ini, memadukan lintasan lurus yang cukup panjang dan chicane cepat serta 3 buah tikungan hairpin, satu cukup besar dan 2 tikungan hairpin sedang. Jadi kalau menurut saya ini termasuk sirkuit cepat karena motor bisa mengembangkan kecepatan secara maksimal.

Dengan kondisi ini diperlukan motor yang bener2 realible. Yamaha yang saat ini sudah memakai mesin dengan katup pneumatic bisa mengimbangi ducati yang mengunnakan mesin desmodromic. Tetapi kabarnya Honda akan menurunkan pembalap testernya yang mantan pembalap GP500 Tadayuki Okada dengan mesin katup pneumaticnya. Mungkin Honda tidak mau mengambil resiko pembalapnya menggunakan mesin ini sebelum motornya bener2 realible baik kecepatan maupun daya tahannya.

Tahun Lalu Rossi masih memegang mahkota juara. Lantas tahun ini prediksinya seperti apa? Rossi masih ingin menciptakan hattrick kemenangan, selain mengejar ambisi menyamai kemenangan Giacomo Agostini setelah di Le Mans kemarin sukses menyamai prestasi Angel Nieto. Apalagi sekarang motor dan ban yang dipakai sangat mendukung. Sementara Itu Stoner yang tidak pernah memperoleh kemenangan setelah Losail akan berusaha memperbaiki performanya apalagi ini kampung halaman motor Ducati dan sirkuitnya berkarakter cepat, pastilah pihak Ducati tidak mau kehilangan muka di sini. Bagi Pedrosa, ini merupakan kesempatan untuk membuktikan bahwa dia bukan pembalap spesialis nomor dua. Sebenarnya motor Pedrosa walaupun belum memakai katup pneumatic juga tidak terlalu ketinggalan dengan motor2 lainnya, jadi tinggal fighting spiritnya aja yang harus dibenahi. Masih ada The rising lorenzo star, yang kali ini menyatakan kondisinya sudah mulai pulih setelah menderita kecelakaan di sesi latihan Sanghai dan Le Mans.

Ibaratnya, Mugello ajang pembuktian bagi Yamaha, Honda dan Ducati. Berbeda dengan Honda dan Ducati yang hanya mengandalkan satu pembalapnya saja, Yamaha memiliki dua pembalap dan masih dilapis pembalap line up kedua seperti Edward dan Toseland. Saya sih berharap balapan akan berlangsung dalam cuaca yang cerah karena kalau hujan, semua prediksi bisa berantakan.

So, seperti apa balapan kali ini, mudah2an makin seru dan makin menarik, kita tunggu saja.

Update :
Hujan di sesi latihan bebas hari Jumat 30 Mei 2008 membuat pembalap sulit memacu motor mereka. The Rain Maker Christ Vermuelen mencatat waktu tercepat sesi ini. Tempat kedua diduduki oleh Loris Capirosi rekan satu tim Vermuelen.

Sinya Nakano mengalami kecelakaan hebat, namun tidak mengalami cidera yang serius, dan menyatakan akan tetap mengikuti sesi kualifikasi hari sabtu ini. Sementara itu Rossi menyatakan mengalami kesulitan dengan kondisi sirkuit yang basah dan berharap besok cuaca akan cerah sehingga bisa membalap dengan maksimal.

Gambar sirkuit diambil hereff di sini

Menghemat pemakaian BBM pada motor

Semenjak kenaikan harga bensin yang cukup signifikan kemarin (33.33%) memaksa saya harus putar utak bagaimana supaya saya bisa mengefisienkan pemakaian bensin pada motor saya. Mau tidak mau perilaku berkendara yang harus dirubah.

Pada motor yang saya kendarai, hampir 90% masih dalam kondisi standar, hanya knalpot saja yang sedikit mengalami modifikasi meskipun masih memanfaatkan knalpot bawaan pabrik. Saya sengaja tidak memakai knalpot aftermarket yang rata2 freeflow dan boros BBM. Dengan kondisi tersebut saya tidak perlu melakukan ubahan apa2 pada motor saya. Yang perlu saya rubah adalah perilaku berkendara saya 😛

Saya termasuk type pengendara yang nggak pernah berjalan pelan, suka memelintir gas dalam2 meski masih melihat kondisi jalan dan pemakai jalan lainnya (saya masih cukup santun kok meski ngebut berusaha tidak membahayakan pengendara lain 😛 ), masih suka kepancing adu kebut weks…

Menyadari bahwa perilaku berkendara saya tersebut boros BBM, maka saya bertekad untuk merubah kebiasaan tersebut. Dan mulai hari Sabtu kemarin saya terpaksa harus mengerem kebiasaan membuka gas dalam2, gas secukupnya saja sampai rpm menengah kemudian ganti gigi lebih tinggi dan seterusnya. membuka gas secara mendadak pun harus dihilangkan. Mengerem pun mesti memakai teknik, usahakan sesedikit mungkin melakukan pengereman dengan menjaga jarak dengan kendaraan di depan. Semakin sering mengerem berarti semakin banyak bahan bakar yang terbuang percuma. Menggunakan gigi sesuai putaran mesin dan kecepatan kendaraan. Dan yang tidak kalah penting, tidak boleh terpancing untuk adu kebut lagi

Walhasil dari 2 hari ini mencobanya memang amat sangat tidak mudah dimana saya mesti merubah kebiasaan yang sudah saya lakukan bertahun-tahun, atau kalau temen saya berseloroh udah bawaan orok . Tapi memang ada perbedaan, ketahuan dari saat mengisi bensin, dengan nominal tertentu yang tadinya pas atau kurang sekarang membludak 😀 .

Ayo sapa mau ikutan, selain hemat BBM juga sudah ikut andil mengurangi gombal global warming, tidak sebatas hanya slogan tetapi ikut berperan nyata.

MotoGP Estoril Portugal (Preview)

Drama Menegangkan

Sirkuit Estoril Portugal bakal menyuguhkan drama menegangkan dalam sirkus balap motor MotoGP 13 April mendatang. Sirkuit ini lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai namun masih terpisah beberapa bukit, tidak seperti Philip Island Australia yang berada persis di tepi pantai. Dengan letak seperti ini factor cuaca seringkali berubah tanpa bisa dipresidiksi, angin dan kelembaban juga sangat berpengaruh terhadap setting motor.

Sementara itu layout sirkuitnya sendiri termasuk yang memiliki tingkat kesulitan tinggi, Sirkuit Estorilmenyajikan kombinasi tikungan cepat, maupun chicane yg sulit, serta beberapa titik pengeraman keras serta satu track lurus yang lumayan panjang. Dibutuhkan bukan hanya motor bertenaga besar, namun juga motor yang lincah, jadi kombinasi mesin serta sasis yang bagus juga pembalap hebat pastinya yang akan menang dalam pertarungan ini.

Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4182m, tikungan ke kanan 9, tikungan ke kiri 4 dan lintasan lurus sepanjang 986m cukup untuk ajang pembuktian motor terkencang di track lurus, sementara lebar lintasan 14m. Jumlah tikungan yang lebih banyak ke kanan juga akan mengakibatkan masalah sendiri di mana kompon ban sebelah kanan akan lebih cepat habis dibandingkan sebelah kiri. Ini sangat disadari oleh para pembalap, namun saya tidak tahu apa BS maupun Michellin sudah mempunyai cara untuk mengatasi keadaan seperti ini, karena saya belum pernah membaca release berita tentang ini.

Tahun lalu Rossi menjuarai di sini, disusul Pedrosa dan Stoner. Untuk musim ini saya masih tetap menjagokan Rossi, dengan alasan Rossi memiliki kehebatan sebagai seorang pembalap yang tidak diragukan lagi, apalagi di sirkuit ini pembalap yang jago melakukan late braking akan meraih keuntungan. Namun dengan membaiknya prestasi Pedrosa serta motornya sendiri yang sekarang memakai katup pneumatic maka pertarungan ini tidak akan berlangsung dengan mudah, belum lagi Lorenso yang juga memiliki kans besar dengan kemampuannya melahap tikungan juga sangat baik.

Untuk Stoner dengan motor Ducatinya , kalau dia mampu beradaptasi dengan sirkuit ini peluang itu masih ada. Tahun lalu saja dia mampu finish ke-3, mestinya kali ini dia mampu memberikan perlawan, asal dia ga terlalu bernafsu seperti di Jerez kemarin yang mengakibatkan dia melintir ke gravel.

Tapi nama lain seperti Hayden, Capirex, Toseland, Edward, Hopkins, Vermuelen maupun Melandri saya harapkan mampu mengimbangi sehingga pertarungan berlangsung menarik dan tidak membosankan. Oke deh kita tunggu saja nanti 13 April mendatang.

Disarikan dari berbagai sumber

Genderang Perang Tarif Antar Operator GSM

Dengan peluncuran tarif terbaru operator GSM IM3, maka lengkap sudah hingar bingar genderang perang tarif itu. Saat ini seluruh operator selular di Indonesia sedang berlomba-lomba menawarkan tarif bicara yang mereka klaim paling murah. Ada yang menawarkan Rp. 0,5/detik, ada juga yang Rp. 1/menit, malah ada yang merasa perlu mengeluarkan tarif gratis di satu menit pertama.

Selain perang tarif mereka juga perang layanan dan juga perang iklan. Lihat saja billboard2 raksasa yang terdapat di sejumlah ruas jalan utama ibukota. Misalnya salah satu operator GSM mengeluarkan iklan yang tentu saja mengandung sindiran terhadap operator lain, kemudian iklan ini segera ditanggapi oleh pihak operator GSM lain yang merasa tersindir dengan nada yang cukup reaktif. Pokoknya heboh banget, sampai2 para pelanggan sendiri dibuat bingung mana sebenarnya yang paling murah dan menguntungkan.

Sebenarnya dengan adanya perang tarif ini pelanggan akan diuntungkan, setidaknya tarif bicara yang semula terasa masih sangat mahal sekarang mulai turun khususnya untuk operator telepon selular berbasis GSM. Namun sebenarnya tarif murah ini sudah selayaknya dinikmati oleh para pelanggan telepon selular di Indonesia, karena menurut perhitungan para ahli di bidang telekomunikasi tarif telepon selular di Indonesia terhitung masih mahal.

Sebenarnya iklan-iklan dari para operator GSM ini kalau tidak dicermati bisa menyesatkan karena semua tarif yang dikeluarkan oleh para operator GSM itu dikondisikan sedemikian rupa dengan perhitungan-perhitungan yang sedikit agak rumit. Untuk itulah masyarakat sebagai pengguna layanan operator telepon selular hendaknya bersikap bijaksana dengan bersikap cermat terhadap ketentuan2 yang dikeluarkan oleh operator yang bersangkutan.

Agar tidak bias dalam menilai tarif suatu operator GSM, berikut ini saya sampaikan dalam bentuk tarif ilustrasi percakapan 10 menit, 20 menit, 30 menit, 60 menit dan 90 menit baik sesama operator maupun antar operator, tetapi di sini saya hanya akan mengambil sampling 3 kartu operator GSM yaitu, Simpati PD, XL Bebas dan Indosat IM3 yang saya nilai saat ini tarifnya paling kompetitif, dengan ketentuan dan sarat yang dikeluarkan oleh operator yang bersangkutan.

1. SIMPATI PEDE

 

Jenis Panggilan

Lokal

Non lokal

simPATI – Telkomsel

25/detik

25/detik

simPATI – operator lain

25/detik

60/detik

simPATI – PSTN

15/detik

35/detik

Tarif Rp 0,5 PER DETIK berlaku setelah 1 menit bicara ke seluruh pelanggan Telkomsel se-Indonesia
Masa promosi tarif simPATI PeDe adalah sampai dengan tanggal 30 Maret 2008 ( Akhir Maret 2008 )

2. XL BEBAS

Tarif termurah yang berlaku di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah (kecuali Semarang), Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Lombok.

3. INDOSAT IM3

skema-all-opertor2.jpg

skema-sesama-isat2.jpg

SESAMA OPERATOR

 

 

 

 

OPERATOR

10 MENIT

20 MENIT

30 MENIT

60 MENIT

90 MENIT

SIMPATI

1,770.00

2,070.00

2,370.00

3,270.00

4,170.00

XL BEBAS

1,545.00

1,605.00

1,665.00

3,465.00

5,265.00

IM3

1,355.10

1,361.10

1,367.10

1,385.10

1,403.10

ANTAR OPERATOR

 

 

 

 

XL BEBAS

9,024.00

15,060.00

24,084.00

45,180.00

69,264.00

IM3

9,002.70

15,755.70

22,509.00

45,018.00

67,527.00

 

Catatan :

Untuk tarif bicara antar operator Simpati Pede, saya belum bisa menentukan. Kebetulan saya bukan pengguna kartu Simpati Pede, maka saya seluncuran di websitenya Telkomsel tapi tetap tidak jelas tarif Rp. 0,5/detik ini berlaku mulai menit ke berapa dan apakah itu juga berlaku selang seling seperti halnya XL maupun IM3. Mungkin ada yang bisa menambahkan?

Dari Ilustrasi di atas untuk pembicaraan sesama operator IM3 jauh mengungguli Simpati Pede maupun XL Bebas. Sedangkan untuk tarif bicara antar operator IM3 unggul tipis atas XL, namun sayang kita tidak bisa membandingkan dengan tarif Simpati Pede karena kurang jelasnya informasi yang kita dapatkan.

Setelah kita mengetahu hasil dari ilustrasi di atas, silakan sekarang dinilai tarif operator selular GSM manakah yang kira2 paling menguntungkan, itu semua terserah anda untuk menentukannya, meskipun kita tahu pelanggan tidak hanya mempertimbangkan tarif termurah untuk memilih operator GSM mana yang akan dipilih, tetapi juga berdasarkan luasnya jaringan dan kemudahan isi ulang.

Silakan kunjungi juga website masing2 operator GSM tersebut untuk lebih mengetahui lebih detil sarat dan ketentuan yang diberlakukan mereka.

Kangen Ambarawa

Ngomong-omong soal Ambarawa ada yang tahu nggak di mana letak kota ini? Yup Ambarawa adalah kota kecil yang terletak di Jawa Tengah, lebih tepatnya lagi terletak di jalur jalan raya antara Semarang dan Magelang. Kalau dari Semarang silakan ambil jurusan Jogja/Solo, begitu sampai Bawen jalur terpecah menjadi dua, lurus menuju Solo, ke kanan menuju Jogja. Dari Bawen kira2 1,5 km kita akan sampai di Ambarawa.

Jangan bayangkan kota ini kota yang hiruk pikuk, dan jangan harapkan pula kita akan menemukan mall di sana. Kota ini kota kecil, dan aktivitas paling rame cuma terjadi di sepanjang jalan raya yang menghubungkan Semarang – Jogja, terutama di Pasar yang teletak di pinggir jalan raya tersebut, yang dari pagi sampai sore selalu macet.

Saya sendiri kebetulan pernah tinggal cukup lama di Bawen tepatnya di perumahan Bawen Bukit Permai sewaktu bekerja di kawasan industri Bawen, Jadi tidak heran kalau saya cukup mengenal dengan baik kawasan ini. Selain udaranya masih sejuk, pemandangannya pun indah dikelilingi oleh gunung Merbabu, Telomoyo dan gunung Ungaran. Airnya pun bagus, tidak heran di beberapa kawasan industri ada pabrik pengemasan air minum.

Meski kota ini kota kecil, namun sesungguhnya kota ini menyimpan sejarah yang akan selalu dikenang oleh bangsa ini talkala masa clash pasukan Republik di bawah pimpinan Jenderal Sudirman memukul pasukan Belanda mundur ke arah Semarang. Peristiwa tersebut dikenal dengan nama Palagan Ambarawa (palagan artinya medan peperangan) .Museum palagan untuk mengenang kepahlawan pasukan republik bisa kita temui di sana.

Selain museum palagan, kita juga bisa menemui museum kereta api, dan konon museum kereta ini paling lengkap menyimpan koleksi kereta api jaman dahulu, bahkan sampai kereta3.jpgpernah Pemerintah Belanda atau Jerman kabarnya menginginkan salah satu kolesi kereta tersebut. Dan uniknya kereta api tersebut yang notabene masih digerakkan oleh tenaga uap masih terpelihara dengan baik dan bisa beroperasi. Kereta tersebut sekarang diperasikan sebagai kereta pariwisata yang menempuh rute Ambarawa – Bedono dengan jalur menanjak sehingga kereta ini dilengkapi dengan roda gigi. Jalur tersebut didominasi pemandangan sawah ladang dan kebun kopi dengan latar belakang gunung Merbabu yang tinggi menjulang serta gunung Telomoyo yang indah.

Masih inget video clip – nya Katon Bagaskara dalam lagunya negeri di awan? Di situ kita akan menemukan adegan dengan latar belakang kereta api jaman dulu dengan pemandangan sawah dan gunung. Yup adegan itu diambil di daerah Ambarawa.

Selain kereta api masih ada kereta diesel yang menempuh rute Ambarawa Tuntang, melewati pinggiran danau Rawapening. Selain menikmati pemandangan danau Rawapening dari kereta, kita bisa juga berperahu sambil memancing ikan dengan menyewa perahu dari nelayan setempat.Meski terlihat indah, namun kita menyimpan kekuatiran yang dalam akibat sedimentasi cukup parah yang diakibatkan oleh gulma tumbuhan air yaitu enceng gondok yang bikin gondok. Kalau sedimentasi ini terus dibiarkan, bukan tidak mungkin nantinya rawapening berubah menjadi daratan dan tinggal cerita saja.

Sementara itu kalau kita melewati jalan raya yang menuju Solo (sebelum Salatiga) mata kita pasti akan disuguhi pemandangan danau Rawapening di jalur yang menanjak. Kalau kita mengendarai kendaraan pribadi bisa berhenti meluangkan waktu sejenak untuk menikmati pemandangan tersebut, atau bisa juga kita masuk ke komplek wisata yang banyak ditemui di sepanjang jalan tersebut, salah satunya adalah Bukit Cinta. Entah kenapa dinamakan bukit cinta, mungkin karena letaknya berada di atas bukit dengan pemandangan danau menghampar di bawah yang indah sehingga menjadikan suasana romatis untuk memadu kasih, entahlah.

Ada lagi kalau kita mau sedikit wisata sambil berolah raga, candi Gedong Songo bisa dipilih sebagai tujuan. Candi Gedong Songo terletak di lereng gunung Ungaran. Dari Ambarawa kita akan melewati kawasan wisata Bandungan (seperti kawasan puncak) namun terus menanjak karena letaknya cukup tinggi. Mobil bisa mencapai lokasi ini. Di sini terdapat beberapa candi, namun letaknya satu sama lain saling berjauhan, sehingga kita harus berjalan kaki untuk mencapainya. Namun bagi yang tidak kuat berjalan kaki bisa menyewa kuda dengan tarif yang lumayan mahal menurut saya. Selain candi juga ada obyek wisata mata air panas yang setiap minggu atau hari-hari libur ramai dikunjungi wisatawan.

Bagi anda para penggemar tanaman hias dan tanaman bunga, Ambarawa terutama di daerah Bandungan merupakan surga belanja tanaman tersebut karena harganya cukup murah dengan aneka tanaman yang lengkap. Namun saya sendiri lebih suka membeli bunga mawar yang menurut saya murah sekali harga per kuntumnya bila kita bandingkan dengan membeli mawar di kota. Bahkan warnanya pun sangat beraneka ragam, dari merah, pink, putih ada semua, maklum di sini banyak sekali terdapat perkebunan mawar yang menyuplai mawar untuk kota-kota sekitarnya. Pokoknya kita akan puas sekali membeli mawar di sini baik untuk kita pajang di vas bunga maupun kita berikan kepada seseorang.

Selain itu masih banyak sebenarnya kawasan yang layak kita kunjungi, namun belum sempat saya bahas saat ini. Jadi tidak heran kalau saya menyimpan kerinduan yang dalam untuk selalu mengunjungi kota ini.